Solo (ANTARA) - Alumni Akabri angkatan 1989 dalam pengabdian 33 tahun TNI-Polri mengadakan bakti sosial (baksos), di antaranya vaksinasi COVID-19, pembagian paket sembako dan sunatan massal untuk membantu masyarakat yang diselenggarakan Balai Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah, Kamis.

Kegiatan baksos pengabdian 33 tahun TNI-Polri Akabri angkatan 1989 tersebut dihadiri Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Rudianto, Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL) Mayor Jenderal TNI (Mar) Nur Alamsyah, Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, dan sejumlah pejabat, baik TNI maupun Polri alumni Akabri 1989.

Baca juga: Panglima TNI apresiasi lulusan Akabri '99 bantu percepatan vaksinasi

Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Rudianto selaku koordinator Alumni Akabri 1989 mengatakan pada rangkaian baksos tersebut, antara lain vaksinasi COVID-19 yang digelar di Balai Kota Surakarta sebanyak 4.089 dosis, dan berlangsung hingga tiga hari ke depan.

Selain itu, pihaknya juga melaksanakan sunatan massal yang diikuti 25 anak digelar di Balai Kota Surakarta. Acara dilanjutkan dengan pembagian 2.000 paket sembako kepada masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19 di Solo.

Pangdam IV/ Diponegoro mengatakan alumni Akabri 1989 melakukan rangkaian kegiatan vaksinasi, sunatan massal dan pembagian paket sembako di Kota Surakarta dalam rangka HUT ke-76 TNI. Pada kegiatan pembagian 2.000 paket sembako melalui anggota Babinsa dan Bhabinkamtibmas ke rumah masing-masing warga penerima.

Namun, kata Pangdam, kegiatan baksos sudah dimulai sejak satu tengah tahun lalu atau sejak pandemi berlangsung, alumni Akabri angkatan 89 berkumpul dan melaksanakan kegiatan sosial itu. Awalnya hanya melakukan kegiatan pembagian masker kepada masyarakat, pembagian paket sembako, membuka lahan tidur untuk pertanian, perkebunan, perikanan, dan sebagainya.

"Pada kegiatan baksos hari ini, dalam rangka HUT ke-76 TNI dengan kegiatan yang sama memberikan kontribusi sedikit kepada seluruh masyarakat," Pangdam.

Pihaknya melaksanakan kegiatan di Surakarta, yang sebelumnya sudah dicanangkan secara nasional di Mabes TNI oleh Panglima TNI dan Kapolri. Di Jateng juga melakukan kegiatan di empat titik yang digabungkan dengan kegiatan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD).

Baca juga: Alumni Akabri '89 bagi-bagi 183 ribu paket sembako

Baca juga: Panglima TNI-Kapolri apresiasi kegiatan vaksinasi alumni Akabri 1998


"Khusus di wilayah Jateng digabungkan dengan TMMD, seperti Kabupaten Magelang dan Grobogan, dan Kamis ini di Solo, kemudian Yogyakarta dan akan dilanjut terus," kata Pangdam.

"Kami meminta doa restu masyarakat semoga kegiatan baksos ini bisa berlangsung terus dan sedikit membantu masyarakat yang membutuhkan pada masa pandemi COVID-19 ini," ucapnya.

Sementara itu, Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga, kegiatan ini merupakan perwujudan rasa kebersamaan spirit jiwa korsa TNI, baik Angkatan Darat, Laut, Udara, dan Polisi bersama-sama dalam rangka mengatasi kasus COVID-19.

Hal tersebut, kata Kapolda, perlu dicontoh oleh seluruh lapisan masyarakat bahwa penanganan konflik tidak bisa ditangani  sendiri dan harus bersama-sama.

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2021