Wapres apresiasi vaksinasi di Ponpes Salafiyah Syafi'iyah Situbondo

Wapres apresiasi vaksinasi di Ponpes Salafiyah Syafi'iyah Situbondo

Wapres Ma'ruf Amin (kiri) didampingi Bupati Situbondo Karna Suswandi (tengah) dan Pengasuh Ponpes Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo K.H.R Ahmad Azaim Ibrahimy (kanan) di ponpes setempat, Kamis (21/10/2021). ANTARA/Novi Husdinariyanto.

Situbondo (ANTARA) - Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin mengapresiasi pelaksanaan vaksinasi massal di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo, Situbondo, Jawa Timur, Kamis.

Wapres juga menyampaikan terima kasih kepada Pengasuh Ponpes Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo, K.H.R Ahmad Azaim Ibrahimy dan Bupati Situbondo Karna Suswandi dengan terlaksananya vaksinasi massal yang diikuti pengurus maupun santri di pesantren setempat.

"Saya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pengasuh Ponpes Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo, Kiai Azaim beserta jajaran pesantren juga pemerintah daerah atas kerja sama yang baik ini," ujar Ma'ruf Amin di sela sambutannya saat gelaran vaksinasi massal di halaman Masjid Jami' Ibrahimy Ponpes Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo Situbondo.

Ia mengingatkan bahwa pandemi COVID-19 belum usai, dan kemungkinan gelombang ketiga penularan virus Corona harus diantisipasi.

Baca juga: Wapres ajak industri keuangan Islam promosikan ekonomi berkelanjutan

Baca juga: Di GTF 2021, Wapres: Literasi konsep wisata halal harus ditingkatkan


Kendati tingkat penularan sudah mulai menurun, kata dia, namun harus tetap waspada dan tetap menerapkan protokol kesehatan (menjaga jarak, mencuci tangan dan bermasker) serta vaksinasi.

"Berbagai upaya yang dilakukan oleh pemerintah, namun kita belum merasa aman. Oleh karena itu, hanya ada dua hal yang penting, yaitu protokol kesehatan dan vaksinasi," ucap dia.

Kiai Ma'ruf Amin menambahkan, vaksinasi penting untuk mencapai kekebalan kelompok yang akan tercapai apabila 70 persen dari penduduknya telah divaksin.

"Kalau di dalam agama disebut hifdun nafs yaitu menjaga jiwa dan himayatul ummah atau pelindung ummat," tutur dia.

Pada kesempatan sama, Bupati Situbondo Karna Suswandi menyampaikan capaian vaksinasi kepada Wapres yang sudah mencapai 52 persen.

Bung Karna, sapaan bupati, menargetkan dalam jangka waktu dua pekan ke depan, vaksinasi COVID-19 akan mencapai 70 persen sehingga kekebalan kelompok akan tercapai, dan diharapkan bisa menyelamatkan manusia yang tertular COVID-19.

"Insya Allah bisa tercapai, karena animo masyarakat cukup tinggi untuk divaksin," ujarnya.

Sementara itu, dari pantauan ANTARA, Wapres Ma'ruf Amin meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di pesantren didampingi pengasuh pesantren Kiai Azaim, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa serta sejumlah pejabat lainnya.
Pewarta : Fiqih Arfani/Novi Husdinariyanto
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2021