Jakarta (ANTARA) - Perusahaan penyedia jasa logistik terintegrasi PT Cipta Krida Bahari (CKB Group) yang merupakan anak perusahaan PT ABM Investama Tbk (ABMM), memperkuat jaringan kargonya dengan membuka rute dari Jakarta - Surabaya menuju Balikpapan secara langsung.

“Dengan dibukanya rute pengiriman langsung melalui udara dari Jakarta - Surabaya menuju Balikpapan ini tentu akan menghemat ongkos pengiriman serta membuat pengiriman semakin efisien,” kata Chief Executive Officer CKB Iman Sjafei dalam siaran pers perusahaan di Jakarta, Jumat.

Ia menjelaskan, sebagai perusahaan yang sudah berpengalaman dalam pengangkutan kargo ke seluruh wilayah Indonesia, CKB siap membantu pelanggan dalam memenuhi kebutuhan logistik, khususnya dari Surabaya menuju Balikpapan.

Menurut dia, Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah DKI Jakarta dan menjadi kota metropolitan terbesar di Jawa Timur.

Selain itu, kota Surabaya juga memiliki beragam potensi pasar yang besar, mulai dari sektor perikanan, pertanian, kebutuhan sehari-hari, hingga spare parts kendaraan, sehingga menjadikannya sebagai pusat perdagangan yang kuat, sekaligus pintu gerbang yang potensial untuk jalur perdagangan menuju wilayah timur Indonesia.

Terkait pengiriman ke Surabaya dan Balikpapan dengan moda transportasi udara khusus kargo, katanya, CKB menggunakan pesawat jenis Boeing 737-300 dengan kapasitas kargo hingga 16,3 ton sehingga memungkinkan spesifikasi muatan OWOS (Over Weight Over Size).

“Kami berharap hadirnya rute (freight) terbaru ini bisa membantu pelaku usaha di Surabaya dalam mengoptimalisasi proses rantai pasoknya yang dimulai dari perpindahan dan pengelolaan bahan baku dan komponen hingga pengiriman barang jadi ke pelanggan,” kata Iman.

Dalam penerbangan perdana ini, pelanggan sudah mulai memanfaatkan rute baru dan mempercayakan pengiriman kebutuhan logistik melalui CKB dengan total berat muatan kargo lebih dari 12 ton.

Dengan adanya rute penerbangan baru ini, diharapkan pelanggan dan para pelaku usaha dapat menyesuaikan dengan model bisnisnya selain kebutuhan logistik di area Kalimantan dan wilayah Timur Indonesia.

Business Director Logistics & Distribution PT Cipta Krida Bahari Ety Puspitasari mengatakan optimistis dengan hadirnya rute terbaru ini dapat melengkapi layanan logistik di Surabaya.

Diharapkan layanan itu mempermudah pelaku bisnis dalam memenuhi kebutuhan logistik, serta membangun sinergi antara seluruh pemangku kepentingan sektor logistik di Jawa Timur, seperti pengusaha ikan, petani, pihak kementerian dan CKB Group.

"Sehingga menghasilkan ekosistem bersama dalam meningkatkan perekonomian nasional pada umumnya dan kesejahteraan masyarakat Surabaya pada khususnya," katanya.

CKB Group merupakan perusahaan penyedia jasa layanan logistik terpadu nasional, dengan jangkauan layanan yang luas. Saat ini, wilayah operasi CKB Group tersebar hingga 41 wilayah yang berada di 34 kota dan 21 provinsi di seluruh Indonesia, termasuk kota dan area yang sulit dijangkau transportasi komersial.

Selain itu, CKB memiliki global network yang tersebar di 40 strategic global partners pada 7 wilayah, serta telah memegang lisensi dari pemerintah sebagai operator Pengelola Logistik Berikat (“PLB”) dan Sertifikasi Authorized Economic Operator (AEO) dari World Customs Organization.

Bersamaan dengan peluncuran rute baru ini, CKB Group juga melakukan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) kepada masyarakat di sekitar wilayah operasionalnya, tepatnya di dua mitra yayasan sosial yang berada di wilayah Cengkareng – Tangerang.

Pewarta: Ahmad Buchori
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2021