sebaran titik panas lebih banyak muncul di wilayah Kabupaten Kupang yaitu 12 titik panas tersebar di Kecamatan Amfoang Tengah 10 titik, serta Amfoang Selatan dan Amfoang Timur masing-masing satu titik.
Kupang (ANTARA) - Stasiun Meteorologi El Tari Kupang Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan 24 titik panas (hotspot) terdeteksi kembali muncul di sejumlah wilayah Nusa Tenggara Timur, Jumat.

"Kemunculan titik panas ini masih terdeteksi hingga update terakhir pada Jumat (22/10) pukul 19.00 WITA hari ini dengan tingkat kepercayaan di atas 80 persen," kata Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Kupang BMKG Agung Sudiono Abadi dalam keterangan tertulis di Kupang, Jumat.

Ia menjelaskan sebaran titik panas lebih banyak muncul di wilayah Kabupaten Kupang yaitu 12 titik panas yang tersebar di Kecamatan Amfoang Tengah 10 titik, serta Amfoang Selatan dan Amfoang Timur masing-masing satu titik.

Selanjutnya diikuti Kabupaten Alor tujuh titik tersebar di Alor Selatan satu titik dan enam titik di Alor Timur, Kabupaten Lembata tiga titik di Kecamatan Atadei, serta di Larantuka Kabupaten Flores Timur dan Mollo Utara Kabupaten Timor Tengah Selatan masing-masing satu titik.

Agung menjelaskan sebaran titik panas tersebut terdeteksi berdasarkan hasil pantauan Satelit Terra, Aqua, Suomi NPP dan NOAA20 oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Satelit akan mendeteksi anomali suhu panas dalam luasan 1 km persegi dan pada suatu lokasi di permukaan bumi akan diobservasi 2-4 kali per hari.

Citra satelit tersebut hanya menilai anomali reflekstifitas dan suhu sekitar yang diinterpretasikan sebagai titik panas (hotspot). "Penyebab adanya anomali tersebut tidak dapat kami pastikan," katanya.

Agung menambahkan namun pada wilayah yang tertutup awan maka titik panas tidak dapat terdeteksi.

Kondisi kekeringan dan hembusan angin yg kencang juga menjadi penyebab tidak langsung dalam sebaran suatu titik panas tersebut, katanya.
Baca juga: BMKG Stasiun El Tari: 13 titik panas muncul di wilayah NTT
Baca juga: BMKG laporkan 20 titik panas kembali muncul di wilayah NTT
Baca juga: Pada Januari-Oktober 2020, 1.369 titik panas terdeteksi di wilayah NTT

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2021