Jakarta (ANTARA) – Pemulihan ekonomi pasca pandemi adalah salah satu langkah utama yang dilakukan pemerintah untuk mengembalikan level perekonomian Indonesia yang sempat menghadapi resesi sejak 2020. Dewaweb turut berpartisipasi untuk menjawab solusi pemulihan ekonomi dengan mengajak bisnis UMKM untuk go digital melalui pelatihan gratis di webinar, tutorial gratis, dan layanan hosting.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, Prof. Wiku Adisasmito, melalui telekonferensi pers di Jakarta, Selasa (10/8), menyatakan bahwa masyarakat Indonesia harus siap hidup berdampingan dengan virus COVID-19. Begitu pula dengan bisnis UMKM yang kembali merangkak di tangga perekonomian bisnis.

Hasil riset Katadata menyatakan, ada sekitar 82,9% bisnis UMKM yang mengalami dampak negatif pandemi. Bahkan, pandemi ini menyebabkan 63,9% bisnis UMKM mengalami penurunan omzet lebih dari 30%. Meskipun, banyak bisnis UMKM yang menawarkan produk dengan kualitas bersaing.

Namun, kurangnya pengetahuan untuk menjalankan bisnis secara online dan kesiapan digital yang belum matang menjadi kendala utama yang sering dialami pemilik UMKM. Hal ini terbukti dari jumlah UMKM yang menggunakan saluran berjualan melalui website, yakni hanya sekitar 16,5%.

“Kita melihat bahwa UMKM saat ini ingin go digital, namun seringkali tidak mengerti caranya. Dengan adanya layanan bantuan yang ditawarkan oleh Dewaweb berupa webinar gratis Dewatalks dan layanan hosting untuk membuat website, kami ingin mendukung UMKM agar bisa go digital dan mendukung program pemerintah untuk pemulihan ekonomi pasca pandemi,” papar CEO Dewaweb, Edy Budiman.

Dewaweb memiliki harapan untuk menjadi bagian dalam membantu bisnis UMKM go digital dengan berbagai dukungan yang bisa diberikan. Pemilik UMKM dapat memanfaatkan webinar gratis dari Dewatalks untuk belajar langsung dari para ahli dan praktisi di lapangan.

Ditambah lagi, para pemilik UMKM juga bisa mempelajari berbagai tutorial gratis dari kanal YouTube Dewaweb yang membahas seputar pengembangan bisnis, seperti cara membuat website toko online, cara mengiklankan produk, digital marketing hingga SEO. Kanal YouTube ini juga menampilkan tayangan ulang webinar Dewatalks bagi penonton yang ketinggalan untuk menonton secara live.

Selain itu, layanan cloud hosting yang ditawarkan Dewaweb juga bisa membantu pemilik bisnis UMKM untuk segera mempraktikkan ilmu yang telah dipelajari dari Dewatalks dan tutorial di YouTube. Dibandrol dengan harga mulai dari Rp20 ribu per bulan, para pemilik UMKM sudah dapat memiliki website sendiri dengan dukungan teknologi cloud hosting tercanggih yang bisa diandalkan agar website bisnis UMKM dapat diakses dengan cepat, aman, dan ramah SEO sehingga mudah ditemukan di Google.

Layanan cloud hosting terbaik karya anak bangsa ini memiliki Tim Ninja Support (Dukungan Ninja) yang akan menjawab pertanyaan dan keluhan dengan cepat dan tepat, di mana pun dan kapan pun. Alhasil, para pemilik UMKM tak perlu takut kebingungan, Tim Ninja Support bisa dihubungi melalui surel, live chat, atau telepon, setiap hari selama 24 jam.

Tak hanya teknologi canggih seperti NVMe SSD dan Intel Xeon Gold untuk mempercepat loading website, tapi Dewaweb juga telah meningkatkan sistem keamanan untuk mencegah serangan DDoS melalui teknologi Cloudflare Magic Transit untuk semua website penggunanya. Fitur Cloudflare Magic Transit efektif sejak 2021 dan Dewaweb masih menjadi penyedia cloud hosting pertama di Indonesia yang memanfaatkan fitur ini.

Selain itu, pengguna layanan Dewaweb juga bisa mendapatkan domain gratis yang aktif seumur hidup untuk pembelian setiap paket cloud hosting. Pengguna bisa mendapatkan top-level domain seperti .com, .id, .biz hingga .org hanya dengan membeli paket hosting minimal Hunter selama 1 tahun.

Tak perlu takut harga selangit, karena Dewaweb selalu memberikan promo menarik baik bagi pengguna baru maupun pengguna setianya yang bisa dicek melalui halaman promo Dewaweb. Jika ingin mempelajari lebih lanjut seputar domain dari Dewaweb simak dari halaman domain murah Indonesia.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2021