Tangerang (ANTARA) - Pelayanan vaksinasi COVID-19 yang digelar alumni Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Akabri) 1990 di Kelurahan Bojong Nangka, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Banten menyasar 3.000 warga di daerah itu, Selasa.

Sejak pagi warga mendatangi tempat pelayanan vaksinasi di halaman Gedung Jaga Nusantara Satu untuk mendapatkan suntikan vaksin COVID-19.

Kegiatan tersebut juga dipantau langsung Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo serta Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar.

"Jadi vaksinasi ini diperuntukkan bagi pelajar dan masyarakat umum, sehingga bisa menambah target yang kita inginkan," kata Hadi Tjahjanto di Tangerang, Selasa.

Ia mengharapkan vaksinasi itu membantu mempercepat akselerasi capaian vaksinasi di Kabupaten Tangerang sehingga apa yang diharapkan untuk menurunkan level PPKM dapat terwujud.

"Target yang kita inginkan nanti di akhir tahun bulan Desember 2021 ini sudah sampai di angka 70 persen," katanya.

Baca juga: Kapolri: Waspadai potensi lonjakan COVID-19 saat libur Nataru

Dalam kegiatan itu, juga dilakukan pembagian 3.000 sembako kepada masyarakat terdampak pandemi COVID-19.

"Mudah-mudahan kegiatan ini bisa terus dilaksanakan bagi lulusan Akabri lainnya dalam melakukan vaksinasi maupun pembagian baksos," ujarnya.

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menyampaikan apresiasi kepada para alumni Akabri yang telah ikut membantu akselerasi percepatan vaksinasi di Indonesia, khususnya Kabupaten Tangerang.

"Sesuai yang diharapkan oleh Bapak Presiden Jokowi bahwa di mana sampai akhir tahun harus sampai 70 persen masyarakat sudah tervaksin," katanya.

Baca juga: Alumni Akabri 1989 bantu percepatan vaksinasi di Banten

Ia menuturkan strategi-strategi yang dilakukan TNI/Polri dan pemangku kepentingan setempat dalam mengejar percepatan vaksinasi tersebut sudah dilakukan, di antaranya dari rumah ke rumah untuk menjangkau masyarakat di titik-titik terpencil.

"Jadi pelaksanaan vaksinasi secara agresif seperti 'door to door' (dari rumah ke rumah) itu bertujuan menjangkau masyarakat yang memiliki risiko tertentu seperti lansia dan lain sebagainya," tuturnya.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengapresiasi kegiatan para alumni Akabri tersebut karena membantu capaian vaksinasi di wilayah itu yang saat ini 64 persen. Diharapkan, dalam satu pekan ke depan target minimal 70 persen atau 2,5 juta sasaran dapat segera tercapai.

"Kami ucapkan terima kasih kepada Pak Kapolri dan Panglima TNI atas bantuan untuk mempercepat proses vaksinasi di Kabupaten Tangerang," kata dia.

Baca juga: Alumni Akabri 1989 gelar bakti sosial vaksinasi COVID-19 di Solo
Baca juga: Alumni Akabri 99 luncurkan program Desa 100 Persen Kekebalan Komunal

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2021