Pangdam Pattimura: Contohi keteladanan Nabi Muhammad SAW

Pangdam Pattimura: Contohi keteladanan Nabi Muhammad SAW

Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Bambang Ismawan membuka peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Al Ittihad Markas Kodam XVI/Pattimura (27/10) (Pendam XVI/Pattimura)

Ambon (ANTARA) - Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Bambang Ismawan mengajak para personelnya yang muslim agar senantiasa mencontoh jejak keteladanan Nabi Muhammad SAW, sehingga bisa menginspirasi umat lainnya saat menjalankan tugas pokok dan tanggung jawab sebagai anggota TNI Angkatan Darat.

"Menjadi prajurit yang mampu memberikan contoh, bukan hanya untuk umat kita saja namun juga umat-umat yang lain, serta berguna dalam mendukung tugas pokok TNI," kata Pangdam Bambang Ismawan dalam kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 Hijriah di Masjid Al Ittihad Markas Kodam XVI/Pattimura, Rabu.

Ia mengatakan Rasulullah merupakan figur teladan dan menjadi contoh yang baik bagi umat Islam, dan mampu menginspirasi umat lainnya. Karena itu, para anggota TNI yang muslim dalam menjalankan tugas pokok dan tanggung jawab juga harus senantiasa mencontohi jejak keteladanan Rasul.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun ini, ujar Pangdam, hendaknya juga menjadi hikmah dan renungan bagi para personel Kodam XVI/Pattimura, sehingga ke depannya bisa menjadi prajurit teladan bagi sesama dan umat lainnya.

"Sudah sepatutnya kita sebagai umat Islam mampu mengambil hikmah dari peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW," ucap Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Bambang Ismawan.

Bertajuk "Hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H/2021: Kita Tingkatkan Keteladanan dan Etos Kerja Personel TNI Guna Mendukung Keberhasilan Tugas Pokok TNI di Tengah Pendemi COVID-19", peringatan kelahiran Rasulullah yang digelar oleh Kodam XVI/Pattimura menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Sejumlah pejabat Kodam, personel dan pengurus Persatuan Istri Prajurit (Persit) Kartika Chandra Kirana Pengurus Daerah (KCK PD) juga hadir dalam kegiatan itu.

Diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran oleh Ustadz Syafril Majapahit dan sari tilawah oleh Serda (K) Puteri Anggi H Mewal, peringatan maulid menghadirkan Imam Masjid Al Fatah Ustaz M Hatta Ingratubun sebagai penceramah.

Dalam ceramahnya Ustaz M Hatta Ingratubun mengatakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW menjadi momentum yang tepat untuk mengenang sosok Rasulullah yang istimewa dan mulia. Umat Islam hendaknya meneladani akhlak yang dicontohkan Rasulullah dalam kehidupan sehari-hari.

Peringatan kelahiran Rasulullah juga harus dijadikan sebagai penyegaran rohani bagi personel Kodam XVI/Pattimura untuk mendukung pelaksanaan tugas yang lebih baik lagi.

"Inti perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW adalah meneladani akhlak yang dicontohkan Rasulullah SAW dalam keseharian kita," ucap Ustaz M Hatta Ingratubun.

Baca juga: Pangdam Pattimura tinjau vaksinasi COVID-19 di Kepulauan Tanimbar
Baca juga: Kodam XVI/Pattimura memusnahkan ratusan pucuk senjata api rakitan
Pewarta : Shariva Alaidrus
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2021