Jakarta (ANTARA) - Aplikasi musik digital JOOX berkolaborasi dengan trio produser musik Laleilmanino, akan menghadirkan seri dokumenter dan lagu original bertajuk “SVARA; Perjalanan Bermakna di Balik Nada”.

Kolaborasi “SVARA” berawal dari keinginan antara JOOX dan trio yang terdiri dari Lale (Maliq & D'essentials), Ilman (Maliq & D'essentials), dan Nino (RAN) itu untuk menghadirkan suatu karya berbeda di milestone usia barunya.

Baca juga: Studio Pop rilis video musik lagu "C.H.R.I.S.Y.E"

Proyek ini juga bekerja sama dengan Visinema, Swara Gembira, serta sejumlah musisi dan komunitas kesenian.

“Setelah 7 tahun berkarya dan membuat 100 lagu, kami ingin menemukan inspirasi bermusik dan perspektif baru,” Laleilmanino melalui siaran pers pada Jumat.

Sementara itu, Head of Marketing JOOX Indonesia, Yuanita Agata, mengatakan bahwa kolaborasi merupakan kunci untuk mendukung kemajuan industri kreatif Indonesia.

“JOOX menghadirkan kolaborasi akbar SVARA ini yang merupakan awal dari perjalanan kami menjadi wadah kolaborasi yang berkontribusi dalam mendukung perkembangan industri musik dan kreatif tanah air,” ujarnya.

SVARA bercerita tentang perjalanan manusia dalam meneguhkan identitas serta menguak makna yang hadir pada hubungan manusia dengan dunia sekitar melalui musik.

Laleilmanino mengatakan kolaborasi SVARA telah mengajaknya mengunjungi beberapa kota di Indonesia dan mempertemukan mereka dengan banyak masyarakat dan komunitas lokal yang dengan konsisten memperkenalkan budaya dan tradisi Indonesia kepada masyarakat luas.

“Inspirasi dan pesan yang kami temukan dari masyarakat, musik, dan budaya yang kami temui selama perjalanan ini kami tuangkan ke dalam empat lagu JOOX Original baru,” ujarnya.

Untuk membawakan keempat lagu original tersebut, mereka mengajak empat musisi yang memiliki genre musik berbeda, yakni Baila Fauri, Diskoria Selekta, HIVI!, dan Rizky Febian.

Cerita perjalanan menemukan inspirasi dan cerita di balik keempat lagu didokumentasikan dalam bentuk lima episode dokumenter oleh Visinema Content.

“Sebagai kolaborator, kami ingin berpartisipasi dalam menggambarkan dan menyampaikan pesan serta makna yang Lale Ilman Nino dan JOOX temukan dalam proses pencarian inspirasi tersebut,” kata Sutradara SVARA Sonny Laksamana.

Melalui dokumenter ini, tambah Sonny, semua orang juga dapat menyaksikan bagaimana para komunitas berkarya sesuai kata hati mereka serta keindahan musik dan budaya Indonesia.

Seluruh episode dokumenter SVARA dapat segera disaksikan oleh seluruh pengguna JOOX pada 5 November 2021 melalui fitur JOOX Live.

Sementara empat lagu JOOX Original SVARA akan dirilis secara berkala setiap minggunya mulai 8 November 2021 secara eksklusif di aplikasi JOOX.


Baca juga: Studio Pop rilis lagu kolaborasi "Chrisye", hadirkan Eva Celia

Baca juga: JOOX rayakan 6 tahun di Indonesia dengan kolaborasi kreator lokal

Baca juga: Joox pilih Andmesh sebagai "Artist of the Month"

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021