Jakarta (ANTARA) - PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) mencatatkan laba bersih setelah pajak (NPA) sebesar Rp1,4 triliun pada triwulan III-2021, meski kinerja sempat terdampak oleh pembatasan sosial pada Juli dan Agustus.

Presiden Direktur Danamon Yasushi Itagaki dalam keterangan di Jakarta, Jumat, mengatakan bahwa laba tersebut antara lain didorong oleh pertumbuhan Enterprise Banking dan Institusi Keuangan sebesar 8 persen year on year menjadi Rp57 triliun, dari sebelumnya Rp53 triliun.

"Kolaborasi Danamon dengan jaringan MUFG Group, yang kini telah memasuki tahun ketiga, dan fokus kami pada nasabah blue chip serta BUMN telah mendukung pertumbuhan kredit di segmen Enterprise Banking dan Institusi Keuangan kami," kata Itakagi.

Ia memaparkan Danamon juga mencatatkan peningkatan 10 persen pada Giro dan Tabungan (CASA) dan menghasilkan rasio CASA sebesar 57,6 persen yang tetap selaras dengan strategi bank untuk fokus pada pendanaan yang bersifat granular.

Baca juga: Bank Danamon fokus kembangkan layanan digital di tengah COVID-19

Danamon pun menunjukkan perbaikan pada biaya kredit (CoC) menjadi 3,8 persen, rasio kredit berisiko (LAR) yang menurun sebesar 930 bps year on year, serta rasio kredit bermasalah (NPL) yang membaik sebesar 16 bps menjadi 3,1 persen.

Dalam kesempatan ini, ia menyakini bahwa inisiatif kolaborasi Bank Danamon dengan MUFG Group akan terus memberikan landasan yang kokoh untuk pendanaan yang sehat dan layanan perbankan yang andal guna mendukung aktivitas bisnis yang terbatas karena COVID-19.

Sementara itu, pembiayaan baru di PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance) di kuartal III-2021 telah membaik sebesar 95 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Adira Finance merupakan anak usaha Bank Danamon yang bergerak di bidang pembiayaan kendaraan bermotor.

Itakagi menambahkan Danamon menjalankan beragam inisiatif untuk memastikan layanan berkualitas tinggi dan bernilai tambah, serta akses perbankan tanpa batas ke berbagai nasabah perbankan melalui peningkatan layanan digital dan pembangunan infrastruktur.

"Dalam mendukung pemulihan ekonomi, Danamon juga terus melakukan berbagai inisiatif untuk memberikan vaksinasi kepada karyawan, nasabah, dan masyarakat umum untuk mendukung program pemerintah dalam mitigasi penyebaran infeksi COVID-19," ucapnya.

Baca juga: Bank Danamon bagikan dividen Rp145,87 per lembar saham

Baca juga: Bank Danamon bukukan laba bersih Rp4,07 triliun pada 2019


Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2021