Mukomuko usulkan bantuan alat tangkap ikan untuk nelayan

Mukomuko usulkan bantuan alat tangkap ikan untuk nelayan

Nelayan Pantai Indah Mukomuko Kabupaten Mukomuko.(Foto Dok.Antarabengkulu.com)

Mukomuko (ANTARA) -
Dinas Perikanan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyatakan akan mengusulkan bantuan alat tangkap ikan bagi nelayan yang terdampak COVID-19 kepada pemerintah pusat.
 
"Dalam waktu dekat ini kami akan mengusulkan bantuan alat tangkap ikan bagi nelayan setempat kepada pemerintah pusat," kata Kabid Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Kabupaten Mukomuko Warsiman di Mukomuko, Rabu.
 
Dinas Perikanan Kabupaten Mukomuko sebelumnya sudah menerima proposal usulan bantuan alat penangkapan ikan dari sebanyak 17 kelompok usaha bersama nelayan dan koperasi yang bergerak di bidang perikanan tangkap.
 
Selanjutnya instansi ini akan mengusulkan bantuan alat penangkapan ikan untuk kelompok nelayan dan koperasi kepada Ditjen Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan.
 
Namun sebelum itu, ia menyatakan, pihaknya akan melakukan pengecekan untuk memastikan ada atau tidak kelompok usaha bersama nelayan dan koperasi yang diusulkan sebagai calon penerima bantuan alat penangkapan ikan pernah menerima bantuan yang sama.
 
Karena instansinya mengusulkan KUB nelayan dan koperasi yang belum pernah menerima bantuan sarana perikanan tangkap dari pemerintah pusat maupun pemerintah setempat selama ini.
 
'Program bantuan alat penangkapan ikan dari pemerintah pusat ini bagi nelayan yang tergabung dalam kelompok usaha bersama nelayan dan koperasi yang belum pernah menerima bantuan ini," ujarnya pula.
 
Setelah ini, katanya, pemerintah pusat yang akan melakukan verifikasi data kelompok nelayan dan koperasi yang diusulkan sebagai calon penerima bantuan alat penangkapan ikan.
 
"Pemerintah pusat punya data KUB nelayan dan koperasi di daerah ini yang telah menerima bantuan sarana perikanan tangkap, selanjutnya pemerintah yang menetapkan kelompok nelayan dan koperasi yang menerima bantuan sesuai dengan kuota," ujarnya.
 
Kendati demikian, ia berharap pemerintah pusat mengakomodir semua KUB nelayan dan koperasi dari daerah ini yang diusulkan sebagai calon penerima bantuan sarana perikanan tangkap.

Baca juga: Harga CPO tinggi, sejumlah petani batal ikuti program peremajaan sawit
Baca juga: Pemkab Mukomuko butuh payung hukum utamakan pekerja lokal
Baca juga: Mukomuko bangun jalan darurat pengganti jalan amblas

 
 
 
 
 
 
 
 
 
Pewarta : Ferri Aryanto
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021