Jayapura (ANTARA) - Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri menyatakan hingga hari keempat pelaksanaan Peparnas XVI, situasi kamtibmas aman dan terkendali.

Secara keseluruhan, situasi pelaksanaan Peparnas XVI yang berlangsung di dua wilayah di Papua, yakni Kota dan Kabupaten Jayapura, dipastikan aman.

"Masyarakat diharapkan dapat terus membantu menciptakan kamtibmas yang aman sehingga seperti halnya PON XX, Peparnas XVI juga berlangsung aman dan tetap mematuhi protokol kesehatan," harap Fakhiri saat memantau pelaksanaan Peparnas XVI cabang olahraga bulu tangkis yang berlangsung di GOR Cendrawasih, Jayapura, Selasa.

Menurut dia, pelaksanaan kedua ajang nasional tersebut tidak lepas dari peran serta masyarakat yang turut membantu menjaga keamanan di lingkungan sekitar mereka.

Baca juga: TD boccia apresiasi penonton tertib dan disiplin prokes 
Baca juga: Sprinter debutan Sulsel Usman pecahkan rekornas di Peparnas Papua 


Oleh karena itu, diharapkan situasi keamanan yang kondusif saat ini dapat terus dipertahankan. Selain itu, ia juga berharap dengan suksesnya pelaksanaan ajang nasional tersebut, maka dapat menjadi daya tarik bagi investor untuk menanamkan modal mereka di Papua. 

Terkait aksi kekerasan yang dilakukan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di sejumlah daerah di kawasan pegunungan tengah Papua, ia mengakui memang ada beberapa insiden kontak tembak, namun saat ini sudah relatif terkendali.

Pemda beserta tokoh masyarakat dan tokoh agama serta Forkopimda pun terus berupaya memulihkan situasi keamanan, seperti yang dilakukan Bupati Intan Jaya.

"Mudah-mudahan segera kembali kondusif sehingga pembangunan dapat dilakukan dan dinikmati masyarakat di wilayah itu," ungkap Fakhiri.

Peparnas XVI Papua yang dibuka Wakil Presiden Ma'ruf Amin akan berlangsung hingga Sabtu (13/11) dengan mempertandingkan 12 cabang olahraga. 

Baca juga: Sempat was-was, Saptoyogo malah pecahkan rekornas 
Baca juga: Kalsel borong emas dan perak di nomor 60kg judo Peparnas Papua 
Baca juga: Atlet tuna netra Sultra sumbang perunggu cabang atletik di Peparnas 

 

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021