Bandarlampung (ANTARA) - FIFA mengumumkan mekanisme pemungutan suara atau voting untuk sejumlah kategori terbaik termasuk pemain sepak bola yang akan berlangsung 22 November hingga 10 Desember 2021.

FIFA Football Awards Media (FIFA) dalam keterangan resmi yang diterima di Bandarlampung, Kamis menyatakan acara penganugerahan akan dilaksanakan secara virtual dari markas FIFA di Zurich, Swiss pada 17 Januari 2022.

Beberapa kategori yang akan dipilih yakni The Best FIFA Women’s Player, The Best FIFA Men’s Player, The Best FIFA Women’s Coach, The Best FIFA Men’s Coach, The Best FIFA Women’s Goalkeeper, The Best FIFA Men’s Goalkeeper, FIFA FIFPRO Women’s World 11, FIFA FIFPRO Men’s World 11, FIFA Fair Play Award, FIFA Puskás Award (awarded for the best goal of the year) dan FIFA Fan Award.

Baca juga: Robertson sebut Mohamed Salah pemain terbaik dunia saat ini
Baca juga: Lewandowski dinobatkan Pemain Terbaik FIFA 2020, Klopp Pelatih Terbaik


Penghargaan tersebut diberikan kepada yang terbaik di setiap kategori, terlepas dari kejuaraan atau kebangsaan, atas prestasi masing-masing selama musim 2020/2021, yang juga termasuk saat turun di Olimpiade di Tokyo.

Penerima piala untuk para pemain dan pelatih top di sepak bola wanita dan pria akan ditentukan melalui proses pemungutan suara gabungan yang melibatkan kapten dan pelatih kepala dari semua tim nasional di seluruh dunia, pemungutan suara online dari penggemar dan kiriman dari grup terpilih lebih dari 300 perwakilan media sesuai aturan alokasi.

Sementara dalam aturan alokasi, di antaranya disebutkan penghargaan diberikan kepada setiap kategori terlepas dari kejuaraan atau kebangsaan yang dicapai selama periode 8 Oktober 2020 hingga 7 Agustus 2021 bagi Pemain Pria Terbaik FIFA, Pelatih Pria Terbaik FIFA dan Penjaga Gawang Pria Terbaik FIFA. Dan dari 8 Oktober 2020 hingga 6 Agustus 2021 untuk Pemain Wanita FIFA Terbaik, FIFA Terbaik Pelatih Wanita dan Kiper Wanita Terbaik FIFA.

Penghargaan diberikan berdasarkan kinerja di lapangan dan perilaku umum di dalam dan di luar lapangan untuk pemain, dan berdasarkan kinerja di lapangan dan perilaku umum, tim di dalam dan di luar lapangan untuk pelatih.

Pemenang Pemain Pria/Wanita Terbaik FIFA, Pelatih Pria/Wanita Terbaik FIFA dan Penjaga Gawang Pria/Wanita Terbaik FIFA akan dipilih oleh juri internasional yang terdiri dari semua pelatih saat ini di tim nasional putra (satu per tim), kapten saat ini dari semua tim nasional putra (satu per tim), satu jurnalis spesialis dari setiap wilayah dan penggemar dari seluruh dunia terdaftar di FIFA.com.

Setiap anggota juri akan diminta untuk mencalonkan, dalam urutan menurun, ketiganya pemain, tiga pelatih dan tiga penjaga gawang yang mereka anggap paling layak mendapatkan penghargaan masing-masing dari daftar yang telah disusun oleh panel ahli sepak bola yang mewakili FIFA dan eksternal pemangku kepentingan sepak bola.

Baca juga: Ronaldo dan Messi susul menyusul cetak rekor
Baca juga: Jurnalis ANTARA jadi voter pemain terbaik FIFA 2020



 

Pewarta: Triono Subagyo
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2021