Bengkulu Selatan (ANTARA) - Wakil Ketua Majelis Perwakilan Rakyat (MPR) RI Fadel Muhammad mendukung Kabupaten Bengkulu Selatan menjadi lumbung jagung nasional di masa datang.

Ia mengatakan Kabupaten Bengkulu Selatan berpotensi menjadi penghasil jagung terbesar, bahkan bisa mengalahkan Kota Gorontalo, karena Kabupaten Bengkulu Selatan memiliki potensi tanah yang subur dan masih banyak lahan yang dapat dimanfaatkan untuk menanam jagung.
 
"Saya beserta pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian serta Dewan Jagung Nasional akan memberikan dukungan sepenuhnya agar Bengkulu Selatan menjadi lumbung jagung nasional di masa yang akan datang," kata Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad di Bengkulu Selatan, Jum'at.
 
Wakil Gubernur (Wagub) Bengkulu Rosjonsyah menyebutkan Kabupaten Bengkulu Selatan telah mampu memberdayakan serta mengembangkan jagung, sehingga ke depannya Bengkulu Selatan dapat benar-benar menjadi wilayah lumbung jagung di tingkat nasional dan petani jagung semakin sejahtera.
 
"Pemda Provinsi Bengkulu siap mendukung mewujudkan Bengkulu Selatan menjadi lumbung jagung," ujar Wakil Gubernur (Wagub) Rosjonsyah.

Baca juga: Bengkulu ekspor komoditi pertanian ke China dan Thailand
 
Hal senada juga disampaikan oleh Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi yang akan terus berusaha untuk mengembangkan jagung di Bengkulu Selatan agar ke depan Bengkulu Selatan bisa menjadi lumbung jagung nasional.
 
Ia berterima kasih kepada Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad yang bersedia mendukung Kabupaten Bengkulu Selatan menjadi salah satu wilayah lumbung padi tingkat nasional.
 
Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Bengkulu, Ricky Gunarwan menjelaskan bahwa di Kabupaten Bengkulu Selatan ada sekitar 10 ribu hektare lahan kosong yang dapat dimanfaatkan petani untuk menanam jagung. Dengan 10 ribu hektare tersebut, menurut dia, sangat membantu Kabupaten Bengkulu Selatan menjadi wilayah lumbung jagung. 
 
"Kami sangat mendukung pengembangan tanaman jagung di Kabupaten Bengkulu Selatan," sebutnya.
 
Ricky berharap agar semua pihak terkait dapat mendukung pengembangan potensi jagung di Kabupaten Bengkulu Selatan sehingga produksi meningkat dan kesejahteraan petani juga meningkat. 

Baca juga: NTT dinilai berpotensi jadi lumbung jagung di Indonesia
 

Pewarta: Anggi Mayasari
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021