Kerja sama dengan LP3I merupakan implementasi dari kebijakan MBKM yang digagas Mendikbudristek Nadiem Makarim. Salah satu basis dari kebijakan MBKM adalah dibangunnya kerja sama antara institusi perguruan tinggi.
Jakarta (ANTARA) - Tiga fakultas di Universitas Krisnadwipayana (Unkris) melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama atau Memorandum of Agreement (MoA) dengan Politeknik LP3I yang bertujuan untuk penerapan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

“Kerja sama dengan LP3I merupakan implementasi dari kebijakan MBKM yang digagas Mendikbudristek Nadiem Makarim. Salah satu basis dari kebijakan MBKM adalah dibangunnya kerja sama antara institusi perguruan tinggi,” ujar Rektor Unkris, Dr Ir Ayub Muktiono, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Ahad.

Penandatanganan MoA tersebut merupakan tindak lanjut dari penandatanganan kerja sama (MoU) yang dilakukan antara Rektor Unkris dengan Direktur Politeknik LP3I Akhwanul Akhmal sebelumnya.

Baca juga: Ratusan mahasiswa ikuti program Pertukaran Mahasiswa Nasional

Tiga fakultas yang menandatangani MoA dengan Politeknik LP3I tersebut adalah Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Administrasi, dan Fakultas Teknik. Penandatanganan MoA dilakukan secara luring di kampus Unkris Jatiwaringin Bekasi dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Sebelumnya Unkris dan Politeknik LP3I telah melakukan penandatanganan MoU terkait pengembangan tri dharma perguruan tinggi yang meliputi 3 poin yakni pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, pengabdian kepada masyarakat. Selain itu juga pengembangan kewirausahaan bagi mahasiswa di LP3I.

Dalam MoU juga telah disepakati pemberian kesempatan kepada lulusan LP3I untuk melanjutkan pendidikan S1 dan S2 di Unkris. Lulusan LP3I bisa konversi mata kuliah di Unkris.

“MoU tersebut kami tindak lanjuti dengan MoA. Ada tiga fakultas yang melakukan penandatanganan MoA yakni Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Administrasi, dan Fakultas Ekonomi,” kata dia.

Baca juga: Aspikom luncurkan direktori untuk program MBKM

Saat ini Unkris menyelenggarakan program kelas reguler dan kelas karyawan (ekstensi). Banyak lulusan Unkris yang telah menduduki posisi penting baik di instansi pemerintahan maupun swasta di dalam dan luar negeri.

Perguruan tinggi yang memiliki kampus di Jatiwaringin, Kota Bekasi, tersebut memiliki empat fakultas yakni Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Administrasi, Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Hukum. Selain itu Unkris juga memiliki program pascasarjana terdiri atas magister hukum, magister manajemen, magister ilmu administrasi dan magister teknik. Untuk program doktor, Unkris memiliki program doktor ilmu hukum.

Sementara itu  Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia (LP3I) merupakan lembaga pendidikan yang dikenal memiliki keunggulan di bidang pendidikan vokasi. LP3I memiliki 9 kampus yang tersebar di Jakarta, Depok, Cikarang, Tangerang, dan Bekasi (Jadecitabek) dengan jumlah mahasiswa untuk semua angkatan kurang lebih 6.000 orang.

Dengan MoU dan MoA antar dua kampus tersebut diharapkan dapat meningkatkan minat belajar mahasiswa LP3I. selain itu juga diharapkan dapat meningkatkan mutu dan kualitas pembelajaran pada dua kampus tersebut.

Pewarta: Indriani
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021