Jakarta (ANTARA) - Luka Modric mengatakan tim nasional Kroasia sudah menegaskan status mereka sebagai tim terbaik Grup H kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa seusai mengalahkan Rusia 1-0 dalam laga pemungkas di Split, Minggu.

Kendati membutuhkan gol bunuh diri dari bek sayap Rusia Fedor Kudyashov untuk menang, Kroasia memang tampil sangat dominan atas tamunya itu dengan penguasaan bola 68 persen yang berusaha dikonversi lewat 19 percobaan tembakan.

"Ini pertandingan yang sulit sejak sepak mula karena guyuran hujan," kata Modric selepas laga dikutip dari laman resmi UEFA.

"Kami tidak pernah menyerah, kami terus bersabar dan saya rasa kami pantas meraih kemenangan ini. Kami tim terbaik di grup ini," ujarnya menambahkan.

Baca juga: Belgia kunci tiket Piala Dunia 2022, Wales jaga peluang playoff

Kemenangan itu memastikan Kroasia, yang berstatus runner-up Piala Dunia 2018 lalu, menjadi juara Grup H dengan raihan 23 poin berbekal keunggulan satu poin atas Rusia.

Kroasia juga memesan satu tempat di putaran final Piala Dunia 2022, sementara Rusia harus menempuh jalur playoff bila ingin menyusul ke Qatar.

Ini bakal jadi kali keenam Kroasia tampil di putaran final Piala Dunia dalam tujuh edisi terakhir setelah hanya absen dari Afrika Selatan 2010.

Digawangi Modric serta beberapa nama yang berpengalaman seperti Ivan Perisic, Domagoj Vida dan Dejan Lovren, tim besutan Zlatko Dalic mulai menemukan nama-nama bertalenta baru dalam Josip Brekalo, Lovro Majer, Nikola Vlasic, Josip Stanisic dan Borna Sosa.

Baca juga: Gulung Kazakhstan 8-0, Prancis lolos ke putaran final Piala Dunia 2022
Baca juga: Onana sukses "comeback" setelah bebas dari skorsing akibat doping


 

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2021