Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita humaniora kemarin yang masih menarik untuk dibaca, mulai dari penyandang diabetes rentan terinfeksi virus hingga sebagian warga lingkungan terdekat Pertamina Cilacap masih mengungsi.

1. Film "Sepeda Presiden" tandai 40 tahun Garin Nugroho berkarya

Film "Sepeda Presiden" disutradarai Garin Nugroho dan diproduksi oleh rumah produksi Radepa Studio akhirnya merilis poster resmi "Sepeda Presiden" serangkaian 40 Tahun Garin Nugroho Berkarya di acara Bali International Film Festival (Balinale) di Kuta, Bali.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini

2. Olahraga rutin bantu turunkan risiko diabetes

Dokter spesialis penyakit dalam dari Perhimpunan Ahli Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) Purwokerto dr. Andreas, Sp.PD mengingatkan bahwa rutin berolahraga bisa membantu menurunkan risiko diabetes melitus.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini

3. Persadia sebut penyandang diabetes rentan terinfeksi virus

Ketua Umum Persatuan Diabetes Indonesia (Persadia) Dr dr Sony Wibisono SpPD-KEMD FINASIM mengatakan penyandang diabetes sangat rentan terkena infeksi virus jika tidak menjaga protokol kesehatan dengan baik.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini

4. Proyek kereta cepat dapat jadi objek pembelajaran

Rektor Universitas Tarumanagara Prof Dr Ir Agustinus Purna Irawan IPU ASEAN Eng mengatakan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung dapat dijadikan objek pembelajaran bagi mahasiswa.

“Proyek ini dapat menjadi manfaat bagi para praktisi, dosen, mahasiswa, bahkan masyarakat dengan menjadikan proyek ini sebagai obyek untuk pembelajaran. Kita perlu betul-betul bertanggungjawab dalam proyek ini karena proyek nasional, proyek bersama, maka publik perlu diberikan keterbukaan informasi selaku pemilik sesungguhnya dari proyek ini,” ujar Agustinus.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini

5. Sebagian warga lingkungan terdekat Pertamina Cilacap masih mengungsi

Sebagian warga yang bermukim di lingkungan terdekat PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Cilacap, Jawa Tengah, masih mengungsi sejak terjadi kebakaran di Tangki 36 T-102 yang berisi komponen Pertalite.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021