Makassar (ANTARA) - Dinas Kebakaran Makassar, Sulawesi Selatan, menyatakan, sepanjang Januari hingga awal November 2021, tercatat kasus kebakaran 121 kasus dengan jumlah rumah terbakar sebanyak 253 unit.

"Penyebab kebakaran didominasi arus pendek atau korselting sebanyak 74 kasus, kompor 10 kasus, kebocoran tabung gas enam kasus serta sampah dan alang-alang empat kasus," sebut Pelaksana tugas (Plt) Damkar Makassar, Hasanuddin, di Makassar, Senin.

Baca juga: Sebuah rumah dan restoran hangus terbakar di Rawamangun

Untuk peristiwa kebakaran terbanyak terjadi pada September dengan 19 kejadian, penyebab arus pendek 10 kasus, kompor satu kasus dan kebocoran gas dua kasus. Disusul pada April, 14 kejadian, penyebab arus pendek 10 kasus, kompor dan kebocoran gas masing-masing satu kasus.

Selanjutnya, pada Juli dan Agustus total 13 kejadian, penyebab arus pendek 14 kasus dan kompor masing-masing dua kasus. Pada Maret, terdapat 12 peristiwa, delapan diantaranya disebabkan arus pendek dan dua karena kompor.

Baca juga: Seorang penghuni rumah tewas pada kebakaran di Buak Maung Kapuas Hulu

Sedangkan pada Januari, terdapat 11 kejadian, delapan kasus arus pendek, satu kasus karena kompor. Februari, 10 kejadian, lima kasus arus pendek, dan dua kasus kebocoran gas. Juni, sembilan kejadian, Mei dan Oktober, masing-masing delapan kejadian, dan awal November empat kejadian.

Selain rumah, objek peristiwa kebakaran lainnya juga membakar empat toko, kios, bangunan industri maupun perusahaan dan gudang masing-masing 10 unit. Barang tidak dikenal 27 unit, kendaraan dua unit dan 29 lain-lainnya.

"Data korban jiwa, meninggal dua orang, luka-luka dua orang. Korban kebakaran sebanyak 866 jiwa dengan total 368 Kepala Keluarga. Luasan area terbakar secara akumulasi 17.035 Hektare. Untuk kerugian materil ditaksir Rp20,368 miliar, " kata dia. 

Baca juga: Menteri BUMN bantu renovasi rumah warga Badui korban kebakaran

Data perbandingan jumlah kejadian kebakaran dilihat pada 2020, tercatat sebanyak 142 kali, pada 2019 sebanyak 305 kali, 2018 sebanyak 209 kali, 2017 tercatat 150 kali, dan 2016 sebanyak 171 kali.

Selain penanganan kasus kebakaran, tim Pemadam Kebakaran Makassar sepanjang Januari hingga awal Oktober 2021, juga melaksanakan kegiatan penyelamatan. Terdapat total aksi penyelamatan sebanyak 187 kasus.

Baca juga: Kebakaran di permukiman Badui Dalam menjadi 23 unit rumah

Rinciannya, pengamanan dan pengusiran sarang tawon di pemukiman warga sebanyak 94 kejadian, disusul pengamanan ular liar di pemukiman warga 24 kasus. Pengamanan biawak 10 kejadian, dan sarang lebah empat kejadian.

Penyelamatan hewan seperti kucing 18 kejadian, elang satu kejadian. Evakuasi korban tenggelam empat kejadian, dan korban banjir dua kejadian. Penanganan bagi korban pelepasan cincin di tangan termasuk korban tertusuk pagar secara akumulasi, 27 kejadian. Untuk korban meninggal dunia, tujuh orang dan luka-luka nihil.

Baca juga: Sebanyak 63 rumah terbakar di Bima

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2021