Jakarta (ANTARA) - Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 dari Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmidzi menyarankan agar orang tua untuk melengkapi imunisasi dasar pada anak sambil menunggu dilakukannya vaksinasi COVID-19 untuk usia 6 sampai 11 tahun.

"Yang paling penting adalah anak usia 6-11 tahun ini masih mendapatkan imunisasi rutin, ini yang harus kita lakukan untuk para orang tua sambil menunggu vaksinasi COVID-19, imunisasi rutinnya dilengkapi," kata Nadia  dalam webinar bertemakan Libur Nataru dan Varian Baru Strategi Cegah Gelombang Ke-3 Pandemi COVID-19 yang dipantau di Jakarta, Selasa.

Nadia yang juga merupakan Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan mengungkapkan masih banyak anak-anak yang belum mendapatkan imunisasi rutin secara lengkap seperti campak, polio hepatitis yang harus diberikan setiap tahunnya.

Baca juga: Kemenkes yakini vaksinasi capai 60 persen akhir 2021

"Imunisasi rutin ini adalah imunisasi yang memang artinya sudah membuktikan memberikan perlindungan bagi anak-anak kategori usia imunisasi ini. Jadi sangat penting sambil menunggu anak-anak mendapatkan vaksin COVID-19, kita juga imunisasi rutin untuk proteksi anak-anak," jelas Nadia.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI telah memberikan izin penggunaan darurat vaksin Sinovac diberikan pada anak usia 6 hingga 11 tahun. Sebelumnya, BPOM RI juga memberikan izin penggunaan vaksin Sinovac untuk anak usia 12 hingga 18 tahun.

Dengan adanya persetujuan dari BPOM RI ini, kata Nadia, akan membantu penambahan cakupan vaksinasi sekitar 26 hingga 27 juta anak. Dengan begitu, dibutuhkan sekitar 58 juta sampai 59 juta dosis vaksin tambahan yang belum tersedia alokasinya untuk tahun 2021.

Nadia mengatakan pemerintah telah memesan sejumlah dosis vaksin tersebut dan telah disetujui oleh produsen vaksin dan diperkirakan akan dikirim pada awal tahun 2022. Dia memperkirakan vaksinasi COVID-19 pada anak usia 6 hingga 11 tahun akan dilakukan pada Januari atau Februari 2022.

"2021 sudah hampir mau selesai ya jadi akan sangat sulit untuk mendapatkan vaksin di tahun ini, sehingga paling cepat kita bisa mulai vaksinasi pada anak usia 6 sampai 11 tahun di Januari ataupun Februari 2022," katanya.

Baca juga: Penularan COVID-19 turun, masyarakat mulai abaikan prokes
Baca juga: Kemenkes: Capaian vaksinasi COVID-19 Indonesia urutan lima dunia

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2021