Jakarta (ANTARA) - Dalam menjalankan bisnis, termasuk di industri teknologi maupun media massa, sangat penting untuk mengetahui bagaimana riset yang tepat demi menghadirkan produk dan pengalaman pengguna (user experience atau UX) terbaik, menurut layanan e-dagang Tokopedia.

"Di Tokopedia sendiri, peranan riset produk dan UX sangat signifikan karena hasilnya yang berkualitas dapat diaplikasikan menjadi strategi baru dalam pengembangan konsep fitur atau program yang dapat mendukung peningkatan transaksi serta tren belanja," kata Product and UX Research Lead Tokopedia, Satkar Ulama, Kamis.

Riset produk dan UX juga akan mempengaruhi tingkat kesuksesan dan kenyamanan menggunakan sebuah situs, termasuk situs pemberitaan media. Tampilan dan UX yang ramah atau sesuai kebutuhan pengguna menjadi sangat penting bagi setiap penyedia platform," imbuhnya.

Baca juga: Pameran kerajinan tangan INACRAFT luncurkan platform digital

Baca juga: GoTo raih pendanaan pra-IPO senilai 1,3 miliar dolar AS


Satkar pun membagikan tips menjadi UX researcher yang efektif.

Pertama adalah memiliki empati. Empati adalah kunci untuk dapat menciptakan solusi yang berorientasi pada pengguna.

"Penting untuk mengesampingkan asumsi dan keinginan sendiri. Hal ini ditujukan agar seorang UX researcher bisa terus fokus secara objektif dalam menyampaikan aspirasi pengguna demi menciptakan lebih banyak dampak bagi mereka," kata Satkar.

Lebih lanjut, kolaborasi lintas tim atau divisi. sangat penting dalam proses riset. "Misalnya dengan bertukar pikiran untuk menemukan berbagai cara menjawab tantangan yang dialami pengguna dari sisi produk, marketing hingga bisnis," kata Satkar.

Selanjutnya, pelaku bisnis harus kreatif dan fleksibel. Riset tidak bisa memakai satu cara atau metodologi saja. Seorang periset juga harus fleksibel dan terus berinovasi dalam menerapkan cara yang paling sesuai dengan pengguna atau pasar yang diriset.

Lalu, ikuti tren. Dengan mengikuti tren yang ada, periset bisa menjadi lebih relevan dengan pengguna. Beberapa inisiatif unggulan Tokopedia pun telah melewati proses riset agar relevan dengan kebutuhan pengguna, termasuk kampanye Waktu Indonesia Belanja (WIB).

Terakhir, menentukan tujuan. Dalam proses pengembangan produk dan UX, sangat penting bagi seorang periset untuk mengetahui tujuan yang harus dicapai, misal metrik bisnis atau produk apa yang ingin diubah serta ditingkatkan.

Di Tokopedia sendiri, riset produk dan UX telah mempermudah pengguna dalam menggunakan aplikasi maupun layanan Tokopedia secara keseluruhan. Proses ini juga berkontribusi dalam membantu masyarakat menciptakan peluang lewat pemanfaatan teknologi di mana perkembangannya sangat dinamis dan terus berevolusi.

Baca juga: Terkait gugatan GoTo, Pakar hukum sebut jenis mereknya berbeda

Baca juga: Sengketa jenama GoTo di mata pakar hukum

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021