Satgas COVID-19 Bogor capai target vaksinasi lansia

Satgas COVID-19 Bogor capai target vaksinasi lansia

Bupati Bogor Ade Yasin selaku Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Bogor, di Cibinong, Bogor, Jawa Barat. ANTARA/M Fikri Setiawan.

Cibinong, Bogor (ANTARA) - Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menyatakan bahwa kini perkembangan vaksinasi lansia di wilayahnya sudah mencapai target minimal untuk dapat turun level PPKM, yakni 40 persen.

"Berdasarkan data 19 November 2021, capaian vaksinasi lansia untuk dosis pertama sudah di angka 43,35 persen," kata Bupati Bogor Ade Yasin selaku Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Bogor di Cibinong, Bogor, Minggu (21/11).

Baca juga: Bogor masih PPKM level 3 akibat vaksinasi lansia belum 40 persen

Kabupaten Bogor sempat kesulitan keluar dari status PPKM level 3 karena bermasalah dengan capaian vaksinasi lansia.

Ade Yasin menyebut banyaknya jumlah penduduk di wilayahnya menjadi salah satu kendala pelaksanaan vaksinasi. Karena, jumlah penduduk di Kabupaten Bogor tercatat paling banyak jika dibandingkan dengan kota/kabupaten lain di Indonesia, yakni 5,4 juta jiwa.

Kendala lainnya adalah Kabupaten Bogor memiliki wilayah yang luas dengan 40 kecamatan, sehingga Satgas Penanganan COVID-19 kesulitan menjangkau lokasi-lokasi di pelosok.

"Kita akan terus lakukan dari rumah ke rumah, bahkan vaksinasi malam juga kita lakukan. Pokoknya dengan segala cara kita lakukan percepatan vaksinasi ini," kata Ade Yasin.

Baca juga: Pemkot Bogor lanjutkan vaksinasi lansia dengan cara jemput bola

Baca juga: Vaksinasi COVID-19 untuk lansia di Bogor capai 6,7 persen


Saat ini vaksinasi dosis pertama di Kabupaten Bogor mencapai 63,23 persen atau 2.671.983 orang dari target 4.225.790 sasaran. Sedangkan dosis kedua baru 1.910.242 orang atau 45,2 persen dari target.
Pewarta : M Fikri Setiawan
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2021