Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 40 tenaga penguji dari Unit Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor (UP PKB) Pulogadung, Jakarta Timur, mengikuti pelatihan uji kir khusus bus listrik.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha UP PKB Pulogadung, Fatchuri mengatakan pelatihan itu dilakukan di pool bus listrik TransJakarta milik operator PT Mayasari Bakti yang berada di kawasan Cibubur.

Baca juga: Transjakarta dan mitra operator teken MoU beralih ke bus listrik

"Pelatihan yang diberikan tentang pengenalan mobil listrik. Agar tenaga penguji kami bisa menguji kendaraan listrik. Karena pada tahun 2022 rencananya ada 100 unit bus TransJakarta yang dioperasikan di Jakarta," kata Fatchuri di Jakarta, Rabu.

Fatchuri menambahkan para tenaga penguji diperkenalkan mengenai komponen bus TransJakarta berbahan bakar listrik dan juga cara mengoperasikan.

Dia mengatakan di pool bus tersebut sudah ada 20 unit TransJakarta berbahan bakar listrik yang akan dioperasikan PT Mayasari Bakti pada 2022.

Baca juga: Masih gratis, bus listrik TransJakarta mulai angkut penumpang

Fatchuri mengatakan pelatihan tersebut sangat penting karena pemeriksaan uji kir bus listrik berbeda dengan bus umum yang berbahan bakar solar atau besin.

Apalagi voltase listrik di dalam bus TransJakarta itu mencapai lebih dari 600 volt. Sehingga jika tidak memahami komponen akan membahayakan keselamatan jiwa bagi penguji kendaraan tersebut.

Manajer Produk Bus Listrik PT Bakrie Otopart, Aditya Kuntoaji menambahkan, sebagai penyedia bus listrik pihaknya juga menyiapkan pelatihan dengan menyiapkan instruktur bagi tenaga penguji.

"Kami sudah menyiapkan bus listrik yang akan digunakan untuk operasional transportasi massal di Jakarta. Sebagai operator PT Mayasari Bakti. Saat ini baru 20 bus dan dalam waktu dekat nambah 10 bus. Targetnya pada tahun 2022 disiapkan 100 bus TransJakarta berbahan bakar listrik," ujar Aditya.

Baca juga: TransJakarta uji coba satu unit bus listrik

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2021