Kabupaten Bekasi raih penghargaan GP2SP Kementerian Kesehatan

Kabupaten Bekasi raih penghargaan GP2SP Kementerian Kesehatan

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi dr Sri Enny Mainiarti saat menerima penghargaan GP2SP dari Kementerian Kesehatan di Kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta Selatan, Senin (29/11/2021).. (FOTO ANTARA/HO-Humas Pemkab Bekasi).

Cikarang, Bekasi (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menerima penghargaan pelaksanaan dan pembinaan Gerakan Pekerja Perempuan Sehat Produktif (GP2SP) dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

"Penghargaan itu diberikan dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57 tahun 2021 yang berlangsung di Kantor Kementerian Kesehatan, di Jakarta," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi dr Sri Enny Mainiarti di Cikarang, Senin.

Ia mengatakan Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi mendapat penghargaan atas perannya melakukan pembinaan terhadap perusahaan dan elemen terkait lainnya untuk dapat meningkatkan kepedulian terhadap perempuan dengan nilai-nilai yang terkandung dari GP2SP tersebut.

"Kita melakukan pembinaan dan pendampingan agar terwujud upaya perbaikan kesehatan bagi pekerja perempuan sehingga meningkatkan produktivitas kerja dan kualitas generasi penerus bangsa di Kabupaten Bekasi," katanya usai menerima penghargaan.

Dirinya berharap agar sektor formal seperti perusahaan memiliki komitmen yang sama dengan pemerintah daerah dalam menerapkan program GP2SP ini sebaik-baiknya.

"Karena Kabupaten Bekasi merupakan kawasan industri terbesar yang juga cukup banyak menyerap tenaga kerja perempuan," katanya.

GP2SP ini, kata dia, memiliki aspek penting untuk meningkatkan status gizi bagi pekerja perempuan, meningkatkan pengetahuan pekerja perempuan tentang kesehatan reproduksi, meningkatkan pengetahuan pekerja perempuan tentang ASI, dan terlaksananya pemeriksaan kesehatan berkala pada pekerja perempuan.

Menurut dia pemenuhan atas hak bagi pekerja perempuan harus diberikan agar kesehatan mereka terjamin dan terlindungi sehingga mereka bisa tetap produktif.

"Pekerja perempuan mempunyai peran yang sangat luar biasa yakni sebagai pekerja di tempat kerjanya dan juga memenuhi kodratnya sebagai ibu di rumahnya," kata Sri Enny Mainiarti.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat pada Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi Supriadinata mengatakan Kemenkes juga memberikan penghargaan kepada PT Yamaha Music Manufacturing Asia sebagai salah satu perusahaan di Kabupaten Bekasi yang telah berperan penting dalam memberikan perlindungan kesehatan dan keselamatan kerja.

"PT Yamaha Music menerima penghargaan Mitra Bakti Husada untuk Gerakan pekerja perempuan sehat produktif. Kami berharap agar perusahaan lainnya juga mampu menjalankan program ini dengan baik sebagai tolak ukur keberhasilannya adalah terealisasinya program ini di daerah industri terbesar se-Indonesia," katanya.

Baca juga: Dinkes Kabupaten Bekasi: Waspadai mutasi virus Corona B.1.1.7

Baca juga: Dinkes Bekasi akan sebar edaran penarikan ranitidin

Baca juga: Dinkes Bekasi pastikan klinik aborsi Tambun ilegal

Baca juga: Dinkes Bekasi bangun 11 posko di tiga lintasan mudik

Pewarta : Pradita Kurniawan Syah
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021