Saya ucapkan selamat kepada Menteri Perindustrian dan seluruh jajaran atas peluncuran PIDI 4.0. Semoga dengan hadirnya PIDI 4.0 dapat mendukung transformasi industri 4.0 di Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan akselerasi transformasi Industri 4.0 sekaligus menjadi showcase digitalisasi dalam Making Indonesia 4.0.

Pemerintah telah menginisiasi kegiatan pembangunan Pusat Industri Digital Indonesia 4.0 (PIDI 4.0) sebagai implementasi salah satu prioritas nasional Making Indonesia 4.0.

“Saya sangat mengapresiasi pembangunan PIDI 4.0 yang merupakan solusi satu atap dalam percepatan transformasi Industri 4.0 di Indonesia, sekaligus menjadi showcase Making Indonesia 4.0 untuk dunia, terutama dalam hal digitalisasi,” kata Menko Airlangga Hartarto dalam sambutannya di acara Peluncuran PIDI 4.0, Kamis.

Pembangunan PIDI 4.0 merupakan upaya Indonesia dalam bertransformasi menuju Industri 4.0 dengan memperhatikan peningkatan nilai tambah dan kapasitas dalam global value chain. PIDI 4.0 diharapkan dapat menjadi bagian untuk menunjukkan upaya nyata yang telah dilakukan sehingga mendukung tema besar Presidensi G20 Indonesia yang diimplementasikan secara inklusif, adaptif, dan implementatif.

Baca juga: Kemenperin luncurkan Pusat Industri Digital Indonesia 4.0

Presidensi G20 Indonesia tahun 2022 secara resmi telah di mulai pada 1 Desember 2021 dengan tema besar “Recover Together, Recover Stronger”. Tema tersebut terdiri dari 3 pilar utama yang meliputi Arsitektur Kesehatan Global, Transformasi Digital, dan Transisi Energi menuju keberlanjutan.

“Tentu di pilar yang kedua ini agar tidak sebatas narasi, tetapi juga ada showcasing dalam bentuk yang lebih nyata, tidak berfokus kepada seremoni-seremoni, namun kepada hal yang lebih praktikal, dan lebih terutama lagi yaitu apa yang akan didapatkan oleh Indonesia dalam Presidensi G20 nanti,” jelas Menko Airlangga.

Adapun PIDI 4.0 merupakan sebuah lembaga pemerintah, khususnya bagian dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri untuk membantu industri di Indonesia dalam bertransformasi menuju Industri 4.0. PIDI 4.0 menawarkan 5 layanan utama dalam membantu industri bertransformasi ke Industri 4.0 yaitu Showcase Center, Delivery Center, Capability Center, Ecosystem for Industry 4.0, dan Engineering and AI Center.

“Saya ucapkan selamat kepada Menteri Perindustrian dan seluruh jajaran atas peluncuran PIDI 4.0. Semoga dengan hadirnya PIDI 4.0 dapat mendukung transformasi industri 4.0 di Indonesia,” ujar Menko Airlangga.

Baca juga: Lewat PIDI 4.0, Kemenperin akselerasi pengembangan SDM industri

Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021