Terkendala untuk mengantarkan vaksin karena melewati jalur laut
Bandarlampung (ANTARA) - Sejumlah daerah di Lampung tengah melakukan percepatan vaksinasi COVID-19 bagi masyarakat di pulau terluar guna mempercepat capaian vaksinasi di daerahnya.

"Saat ini masih dilakukan vaksinasi di Pulau Legundi dengan jumlah yang sudah mendapatkan vaksin berdasarkan data terakhir ada 789 orang," ujar Kepala Puskesmas Pulau Legundi, Hendra Darmawan, saat dihubungi dari Bandarlampung, Sabtu.

Ia mengatakan, total sasaran vaksinasi di pulau tersebut berjumlah 1.168 orang.

"Total sasaran ada 1.168 orang dari total penduduk pulau yakni 1.854 orang. Antusias masyarakat untuk di vaksin cukup baik, hanya saja kadang terkendala untuk mengantarkan vaksin karena harus melewati jalur laut, jadi harus menunggu keadaan cuaca yang mendukung tapi untuk segala pelaksanaan tidak ada kendala," ucapnya.

Menurut dia, agar masyarakat tidak takut dalam pelaksanaan vaksinasi COVID-19 tenaga kesehatan yang bertugas di Pulau Legundi terus melakukan sosialisasi dan edukasi secara berkala.

Baca juga: IDI Lampung minta RS siapkan faskes antisipasi lonjakan COVID-19

Baca juga: IDI Bandarlmpung minta ada sanksi tegas tak terapkan PeduliLindungi


Hal serupa juga dikatakan oleh Kabid P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Tanggamus, Bambang Sutejo.

"Di Pulau Tabuhan ada empat pekon atau desa, dan masih terus dilakukan vaksinasi bagi masyarakat di pulau," ujar Bambang Sutejo.

Ia mengatakan, direncanakan pada 8 Desember mendatang akan ada pelayanan vaksinasi COVID-19 di Pulau Tabuhan dengan sasaran sekitar 2.000 orang, guna mendukung pelaksanaan percepatan vaksinasi bagi masyarakat pulau.

"Kendala ada seperti ombak pasang, sehingga pelaksanaan percepatan vaksinasi di Pulau Tabuhan dilakukan pada tanggal 8 sembari menunggu ombak landai," katanya.

Dia menjelaskan, ada sejumlah pekon dan pulau yang menjadi prioritas vaksinasi COVID-19 seperti di Kecamatan Cukuh Balak ada empat pulau, dan 16 desa.

"Berdasarkan data terakhir UPTD Puskesmas Putih Doh Kecamatan Cukuh Balak yang menjadi salah satu daerah prioritas vaksinasi, dari 16 desa dan empat pulau total sasaran vaksinasi ada 18.979 orang," ucapnya.

Menurut dia, dari total sasaran vaksinasi sebanyak 18.979 orang tersebut telah ada 8.472 orang yang mendapatkan vaksinasi dosis pertama, dan 2.057 orang mendapatkan dosis kedua.

"Total penduduk di 20 pekon itu berkisar 25.168 orang, dan yang wajib vaksin 18.979 orang. Kita terus melakukan edukasi dan percepatan pelaksanaan vaksinasi agar semua warga mendapatkan vaksin," katanya pula.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Lampung pada Kamis (2/12) dari total sasaran vaksinasi sebanyak 6.645.226 orang yang telah mendapatkan vaksinasi dosis lengkap ada 2.363.621 orang.

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021