Integrasi ini dapat meningkatkan transparansi birokrasi dan menyederhanakan proses pelayanan publik,
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengajak seluruh insan perhubungan yang merupakan para pegawai di lingkungan Kementerian Perhubungan, untuk menanamkan budaya anti korupsi dengan menerapkan prinsip 4 No’s, yaitu: No Gift, No Bribery, No Kickback, dan No Luxury Hospitality.

“Peringatan Hakordia jangan hanya sekedar digelar setiap tahunnya, tetapi mari jadikan ini sebagai momentum untuk selalu meningkatkan kinerja dan menanamkan budaya anti korupsi di lingkungan kerja maupun dalam keseharian kita,” kata Menhub pada acara peluncuran gerakan 4 No’s dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) yang diselenggarakan Inspektorat Jenderal Kemenhub, Selasa .

Budi Karya menjelaskan, setiap alokasi anggaran yang diterima oleh Kemenhub merupakan amanat yang harus dikelola dengan baik.

Menhub menginstruksikan kepada Inspektorat Jenderal Kemenhub untuk menjalankan perannya sebagai quality assurance dan fungsi consulting dengan baik.

“Itjen harus mampu mengidentifikasi, menilai, dan memitigasi risiko yang akan timbul, dengan melakukan pengawasan seperti penerapan risk based audit, dan kegiatan pengawasan lainnya,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Inspektur Jenderal Kemenhub, Gede Pasek Swardika mengungkapkan, sejumlah upaya pencegahan korupsi yang telah dilakukan Kemenhub, diantaranya yakni menerapkan pendidikan anti korupsi pada sekolah-sekolah perhubungan, sebagai upaya preventif korupsi sejak dini.

Selain itu, Kemenhub juga membangun sistem anti korupsi dengan membuat program Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas PK), salah satu programnya yaitu mengintegrasikan National Logistic Ecosytem (NLE) dengan sistem layanan Inaportnet di sektor perhubungan laut.

"Integrasi ini dapat meningkatkan transparansi birokrasi dan menyederhanakan proses pelayanan publik," katanya.

Saat ini upaya yang tengah dilakukan Itjen Kemenhub adalah mensosialisasikan gerakan 4 No’s, yaitu gerakan moral pencegahan korupsi yang bertujuan untuk membangun dan mengimplementasikan manajemen anti penyuapan, sebagai salah satu praktek pencegahan Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN) dan meningkatkan kualitas tata kelola pemerintahan yang baik (Good Governance).

Dimulainya gerakan 4 No’s ini ditandai dengan penyematan pin kepada para Pejabat Eselon I di lingkungan Kemenhub oleh Menteri Perhubungan, yang selanjutnya akan menjadi atribut pada Pakaian Dinas Harian (PDH) Pegawai.

Selain meluncurkan gerakan 4 No’s, dalam rangkaian peringatan Hakordia, Itjen Kemenhub juga menyelenggarakan webinar bertema “Satu Padu, Bangun Budaya Anti Korupsi”, dengan menghadirkan sejumlah narasumber yakni Deputi Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Bidang Investigasi Agustina Arumsari, Direktur Koordinasi dan Supervisi Wilayah III Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Brigjen Pol. Bahtiar Ujang Purnama, dan Inspektur Investigasi Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Mohammad Dody Fachrudin.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara I Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Hendra Susanto, Sekretaris Jenderal Djoko Sasono, Para Direktur Jenderal dan Kepala Badan di lingkungan Kemenhub.


Baca juga: Menhub katakan tak segan tindak aparat terlibat pungli

Baca juga: Bidik investor, Kemenhub akan jadikan lima pelabuhan bebas korupsi

Baca juga: Menhub dinilai berkomitmen berantas korupsi di Kementerian

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2021