Kediri (ANTARA) - Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengajak seluruh ASN dan warga, terutama di daerah itu, membantu korban terdampak awan panas guguran Gunung Semeru (3.676 meter di atas permukaan laut) di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar di Kediri, Selasa, mengatakan semua pihak harus bersama-sama membantu meringankan beban warga yang terdampak letusan Gunung Semeru.

Ia juga memberikan apresiasi terhadap Korpri serta OPD yang turut membantu korban bencana Gunung Semeru.

"Terima kasih kepada Korpri dan OPD yang telah memberikan bantuan untuk saudara-saudara kita di Kabupaten Lumajang. Saya juga terus mengajak ASN dan masyarakat memberikan bantuan yang dibutuhkan warga di sana. Insyaallah bantuan yang diberikan bisa meringankan beban bagi yang terdampak dan dapat terdistribusi dengan baik," katanya.

Tim BPBD Kota Kediri juga sudah ada di Kabupaten Lumajang dan akan terus memberikan perbaruan informasi tentang kebutuhan pengungsi.

Baca juga: Pemkab Kediri buka rekening donasi bantu korban Gunung Semeru

Ia meminta mereka terus waspada dan memperhatikan keselamatan selama menjalani tugas kemanusiaan di lokasi bencana itu. Tim harus menentukan lokasi mana yang harus dituju.

"Terima kasih kepada seluruh tim dan relawan saya minta untuk terus hati-hati. Kami di sini akan terus berupaya untuk membantu saudara-saudara kita yang ada di sana," kata dia.

Wali Kota Abdullah Abu Bakar memberangkatkan pengiriman bantuan untuk masyarakat yang terdampak awan panas guguran Semeru dari Halaman Balai Kota Kediri. Total terdapat dua truk dan dua pikap yang mengangkut bantuan untuk kebutuhan pengungsi dari OPD dan Korpri Kota Kediri.

Bantuan yang diberikan mulai dari makanan cepat saji, sayur dan buah, selimut, diapers, kebutuhan perempuan, hingga obat-obatan.

Ia sebelumnya juga telah berbelanja langsung kebutuhan sayuran untuk membantu kebutuhan di dapur umum di lokasi bencana. Pembelian dilakukan di Pasar Grosir Kota Kediri yang didistribusikan ke Lumajang.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Kediri mengirimkan bantuan ke Kabupaten Lumajang. Ada lima personel BPBD Kota Kediri yang dikirim. Tim juga membawa bantuan berupa 100 lembar terpal, 100 lembar selimut, 30 lembar matras, serta satu unit ambulans. 

Baca juga: RSUD Tulungagung kirim tim Kemanusiaan bantu letusan Semeru
Baca juga: Sebagian warga mulai bersihkan rumah dari abu Semeru
Baca juga: BNPB imbau tak beraktivitas di radius 1-5 km dari puncak Semeru

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2021