Jakarta (ANTARA) - Direktur Jendral Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika Usman Kansong meminta LKBN ANTARA harus bisa menjaga martabat sebagai lembaga milik publik dengan menghadirkan pemberitaan yang proporsional menjelang perhelatan tahun politik yang diprediksi mulai memanas di 2022.

Memang di era digital informasi yang cepat dan hangat menjadi kunci menarik minat para pembaca, akan tetapi sebagai Kantor Berita fungsi lain ANTARA adalah harus menjadi pihak yang netral tanpa terpengaruh kubu- kubu yang akan bertarung di tahun politik.

“ANTARA ini bisa mengambil peran menjadi penyeimbang. Bukan berarti tidak meliput kegiatan di tahun politik. Itu tetap harus ada, namun tetap harus disiapkan porsi yang proposional. Jika tidak begitu maka ada kepentingan masyarakat banyak yang terabaikan,” kata Usman Kansong dalam acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) LKBN ANTARA 2021 di Jakarta, Selasa.
​​
Baca juga: Presiden Jokowi ucapkan selamat HUT ke-84 LKBN ANTARA

Prediksi 2022 akan menjadi pemanasan tahun politik terlihat dari para politisi yang mulai memasang baliho atau pun melakukan promosi di kota- kota besar.

Survei- survei dari berbagai survei pun diperkirakan akan mulai dirilis pada 2022 untuk mempersiapkan peta jalan Pemilihan Umum (Pemilu) pada 2024 mendatang.

Tentunya penyebaran informasi terkait tahun politik dengan berbagai acara- acara tersebut di tengah era digital pun akan semakin masif.

Sehingga berkaca dari hal itu diperlukan peran Kantor Berita yaitu ANTARA sebagai penyeimbang sehingga masyarakat tetap mendapatkan akses informasi yang dibutuhkan selain pemberitaan aspek politik.

Usman pun mengingatkan agar sebagai Kantor Berita ANTARA sebaiknya menghadirkan pemberitaan yang berdampak besar bagi banyak pihak seperti program penanganan COVID-19 atau pun program- program kerja dan pembangunan dari Pemerintah.

“Karena tidak semua masyarakat itu suka dengan topik politik, ada baiknya dengan memberitakan program yang bermanfaat besar bagi masyarakat lebih dikerjakan oleh ANTARA. ini jalan baiknya untuk kantor berita,” ujar Usman.

Selain berfungsi menjadi penyeimbang, dengan memberitakan program- program kerja maupun pembangunan yang dilakukan pemerintah maka ANTARA juga berkontribusi untuk penyelenggaraan komunikasi publik yang lebih baik lagi.

Tentunya dengan komunikasi publik yang baik dan positif, tingkat kepercayaan masyarakat terhadap perangkat pemerintah dapat meningkat.

Dengan kepercayaan masyarakat yang meningkat tersebut maka pelaksanaan demokrasi di Indonesia bisa berjalan dengan lancar dan maksimal.

Baca juga: Kominfo: LKBN ANTARA berperan sukseskan komunikasi publik G20

Baca juga: Akademisi sebut ANTARA berperan sebarkan informasi yang mencerahkan

Baca juga: Wali Kota Tanjungpinang harap LKBN ANTARA jadi rujukan media lain

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021