Merupakan gotong royong dari semua ASN Pemkab Sidoarjo
Sidoarjo (ANTARA) - Pemkab Sidoarjo menyerahkan bantuan kemanusiaan senilai Rp575 juta kepada Pemkab Lumajang, Jawa Timur untuk penanganan dampak peningkatan aktivitas Gunung Semeru.

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali kepada Bupati Lumajang Thoriqul Haq, Selasa.

"Bantuan yang diserahkan ini merupakan gotong royong dari semua ASN Pemkab Sidoarjo. Hanya selama tiga hari terkumpul Rp 575 juta," kata Bupati Sidoarjo yang akrab dipanggil Gus Muhdlor, dalam siaran pers di Sidoarjo, Selasa.

Gus Muhdlor berterima kasih atas solidaritas semua ASN Pemkab Sidoarjo, yang bersama Forkopimda telah peduli kepada warga Lumajang yang terdampak erupsi Gunung Semeru.

“Ini adalah misi sosial dan kemanusiaan. Kita bergerak dituntun rasa kemanusiaan, melampaui batas-batas administrasi kewilayahan. Hari ini kami sampaikan uang tunai sesuai rekomendasi dari teman-teman di Lumajang, agar uang itu bisa berguna untuk tahap pemulihan pasca bencana. Karena yang dibutuhkan bukan hanya sembako tetapi juga rumah yang layak untuk relokasi ke depannya karena sekarang masih menempati pengungsian dan posko,” ujar bupati muda tersebut.

Baca juga: Hercules bawa 17 koli bantuan Lanud Sjamsudin Noor untuk korban Semeru

Baca juga: Pemkot Probolinggo salurkan bantuan untuk korban bencana Semeru


Beberapa waktu sebelumnya, Pemkab Sidoarjo juga sudah mengirimkan sembako, obat-obatan, vitamin, perlengkapan perempuan, kebutuhan balita, dan sebagainya.

"Kami mengapresiasi empati yang tinggi terhadap ASN dan Forkopimda Sidoarjo yang peduli terhadap warga yang terdampak Semeru," jelas Gus Muhdlor.

Sementara itu Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengucapkan terima kasih atas bantuan dari Pemkab Sidoarjo ini.

"Terima kasih Gus Muhdlor. Bupati Sidoarjo ini punya empati yang luar biasa. Bantuan ini sangat berarti bagi kami terutama kita saat ini sedang fokus, melakukan relokasi untuk masyarakat yang terdampak untuk segera pulih dan recovery dari bencana,” ujarnya.

"Semua bantuan yang masuk akan kita fokuskan relokasi membuatkan tempat rumah baru fasilitas sarana baru di pemukiman baru yang dalam waktu dekat akan kita relokasi. Sekali lagi kami mengucapkan terima kasih kepada bupati Sidoarjo bersama forkopimda Sidoarjo," tandas Thoriqul.

Baca juga: PMI beri bantuan tandon air untuk korban bencana Semeru

Baca juga: Kemensos pastikan kebutuhan permakanan pengungsi Semeru terpenuhi

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021