Surabaya (ANTARA) - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jatim membidik peluang kerja sama dengan Kroasia setelah negara itu membuka Konsul Kehormatan di Surabaya.

Ketua Kadin Jatim Adik Dwi Putranto di Surabaya, Rabu menyambut baik pembukaan Konsul Kehormatan Kroasia di Surabaya sebab Kroasia adalah negara yang cukup potensial dari sisi kerja sama industri, pariwisata, hingga perdagangan.

"Kroasia ini memiliki ilmunya, seperti wisata di sana tidak sekadar berswafoto, tidak hanya taman, tetapi lebih pada bagaimana turis bisa bersenang-senang saat berwisata," katanya.

Selain itu, wisata kuliner, yakni bagaimana turis bisa menikmati karena banyak orang luar negeri yang masuk Surabaya tetapi belum bisa memaksimalkan potensi yang dimiliki.

Menurut Adik, pembukaan Konsul Kehormatan Kroasia di Surabaya akan sangat membantu Provinsi Jatim untuk memperbesar kinerja perdagangan luar negeri, khususnya ke Uni Eropa.

"Bagus sekali, syukur secepatnya dijalin komunikasi, khususnya untuk produk UMKM yang diekspor ke Kroasia," katanya.

Ia mengatakan bahwa saat ini neraca perdagangan Jatim dengan Kroasia cukup bagus walau nilainya masih belum begitu besar.

Baca juga: 1,3 ton mangga Jatim diekspor ke Singapura

Baca juga: BPS: Kinerja ekspor Jatim September 2021 meningkat 0,17 persen


Data Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jatim mencatat neraca perdagangan Jatim dengan Kroasia sejak 2017 hingga 2021 surplus.

Pada tahun 2019, ekspor Jatim ke Kroasia mencapai 5,99 juta dolar AS, sementara nilai impor Jatim dari Kroasia mencapai 1,43 juta dolar AS.

"Pada tahun 2020, karena pandemi, akhirnya ekspor turun 42,55 persen menjadi 3,44 juta dolar AS, dan impor Jatim dari Kroasia mencapai 1,24 juta dolar AS. Pada tahun ini, realisasi ekspor Jatim ke Kroasia dari Januari hingga Agustus mencapai 1,82 juta dolar AS, dan impor Jatim ke Kroasia mencapai 0,86 juta dolar AS," katanya.

Adik berharap keberadaan Konsul Kehormatan Kroasia di Surabaya akan mendorong kinerja ekspor Jatim dan makin meningkat.

Duta Besar Kroasia Nenojsa Koharovic didampingi Calon Konsul Kehormatan Kroasia untuk Jawa Timur Idra Uno ketika berkunjung ke Kadin Jatim mengaku ingin mempererat kerja sama.

"Kami sangat senang untuk meningkatkan kerja sama sebab Republik Kroasia dan kesatuan lokalnya memiliki minat yang besar dalam mempromosikan hubungan lebih lanjut dengan Jawa Timur," katanya.

Kroasia, kata dia, memiliki potensi kuat dalam pengembangan kerja sama bidang transportasi laut, pariwisata, perdagangan, infrastruktur, serta ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Kroasia juga sangat kuat dengan Industri Shipping Building seperti PT PAL Indonesia. Di samping itu, kami juga memiliki pasar Eropa dan kami terbuka," katanya.

Terkait dengan Konsul Kehormatan Kroasia di Jatim, Indra mengaku bahwa saat ini pihaknya sedang melakukan sosialisasi dengan sejumlah pihak, termasuk dengan Kadin Jatim.

Baca juga: Ketua DPD beri dukungan Rumah Kurasi Jatim, pacu ekspor produk UMKM

Baca juga: Kadin Jatim gandeng BNI fasilitasi pembiayaan UMKM ekspor

Pewarta: A. Malik Ibrahim
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2021