Jakarta (ANTARA) - PT Surveyor Indonesia (Persero), sebuah perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), ikut berpartisipasi tanggap bencana erupsi Gunung Semeru dengan menyalurkan bantuan kemanusiaan untuk korban di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Adapun bantuan yang diberikan berupa uang tunai Rp100 juta untuk pembangunan infrastruktur air bersih, dan fasilitas mandi, cuci, kakus (MCK).

Ketua TJSL Surveyor Indonesia Syahrul Ramadhan mengatakan dalam siaran persnya pada Minggu mengatakan bahwa komunikasi dan koordinasi yang baik sangat diperlukan untuk memaksimalkan penyaluran bantuan bagi warga yang terdampak.

"Kami berharap semua warga agar tidak panik dan tetap memonitor perkembangan melalui petugas atau radio, serta selalu tetap mematuhi imbauan yang disampaikan pemerintah dan Satgas setempat,” katanya.

Penyaluran bantuan merupakan hasil kolaborasi Holding BUMN Jasa Survei yang beranggotakan PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero), PT Sucofindo (Persero) dan PT Surveyor Indonesia (Persero)/PTSI.

Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis oleh perwakilan Surveyor Indonesia Cabang Surabaya, Heri Hermawan kepada Ketua Umum Satgas BUMN JATIM, Dwi Satrio Annurogo yang juga menjabat sebagai Direktur Utama PT Petrokimia Gresik, di Graha PT Petrokimia Gresik Kota Surabaya, Selasa (14/12).

Heri mengungkapkan bahwa bantuan PTSI dan BUMN lain dalam tanggap bencana alam ini merupakan bentuk kepedulian BUMN terhadap bencana yang sedang terjadi di Tanah Air serta sebagai wujud kehadiran BUMN untuk Indonesia.

Menurut Heri, bantuan untuk pembangunan infrastruktur air bersih dan juga MCK tersebut amat penting bagi masyarakat terdampak bencana di beberapa wilayah Gunung Semeru. “Dalam kondisi seperti saat ini di daerah terdampak, air bersih dan MCK akan sangat diperlukan untuk tetap menjaga kesehatan masyarakat selama mas pemulihan,” ujarnya.

“Melalui bantuan yang diberikan oleh PTSI dan BUMN lain yang tergabung dalam Holding BUMN Survey ini selain dapat berguna dan bermanfaat bagi korban bencana erupsi Gunung Semeru kami juga berharap semoga bisa membantu mempercepat proses pemulihan daerah yang terdampak erupsi baik secara fisik dan mental,” pungkas Hery.

Baca juga: Baznas himpun donasi hingga Rp5,4 miliar untuk bantu korban Semeru

Baca juga: Holding Jasa Survei terbentuk, Surveyor Indonesia siap dukung TKDN

Baca juga: PTSI siap bantu pemerintah tuntaskan nilai TKDN industri hilir migas

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021