Jakarta (ANTARA) - PT Hutama Karya (Persero) telah menyiapkan strategi untuk tahun depan dengan salah satunya mempercepat proses pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera atau JTTS.

Direktur Utama Hutama Karya Budi Harto mengatakan bahwa pada 2022 mendatang, pihaknya telah menyiapkan strategi untuk mencapai target yang dicanangkan. Selain fokus pada pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera khususnya tahap I pembangunan yang terdiri dari 8 ruas konstruksi, Hutama karya juga mempercepat proses pembangunan proyek JTTS serta mempercepat penyelesaian desain dan pembebasan lahan di ruas-ruas prioritas.

"Kami juga akan meningkatkan produktivitas konstruksi pada lahan sudah bebas, mempercepat perizinan yang berkaitan dengan pihak-pihak eskternal seperti Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN), Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) dan Barang Milik Negara (BMN),” ujar Budi dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Di sisi lain, Hutama Karya juga fokus pada proyek-proyek non-BUJT lainnya seperti proyek jalan, jembatan, EPC, serta prasarana perhubungan.

Selain itu, Hutama Karya sebagai salah satu BUMN yang memiliki tagline “Inovasi Untuk Solusi” memandang penting penggunaan teknologi baru, karena dengan adanya teknologi baru akan memberikan kinerja yang lebih efisien dalam pengerjaan konstruksi ke depannya.

“Saat ini, Hutama Karya telah dan akan mengedepankan penggunaan-penggunaan teknologi muktahir seperti penerapan Building Information Modelling (BIM) dan LiDAR pada setiap tahap perencanaan hingga pembangunan konstruksi,” kata Budi.

Tak hanya itu, Hutama Karya akan berupaya mengoptimalkan peluang perolehan kontrak baru pada proyek-proyek yang berasal dari pemerintah, BUMN, dan swasta.

Ke depannya, perolehan kontrak baru Hutama Karya akan banyak didukung dari proyek non Jalan Tol Trans Sumatera khususnya road & related buildings selaras dengan fokus Hutama Karya untuk menjadi champion pada segment tersebut.

“Kami juga melihat adanya potensi kerjasama flagship project Hutama Karya dengan world class company,” ujar Budi.

Baca juga: Hutama Karya siap dukung minat investasi Turki di Tol Trans Sumatera

Baca juga: Hutama Karya optimistis Tol Pekanbaru-Bangkinang fungsional akhir 2021

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2021