Gianyar, Bali (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Gianyar meraih posisi ke-2 se-Bali dalam Penyaluran Dana Desa Tercepat Tahun 2021 dari Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Bali Kementerian Keuangan.

Penyerahan piagam penghargaan diterima Sekda Gianyar I Made Gede Wisnu Wijaya mewakili Bupati Gianyar dan didampingi Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Dewa Ngakan Ngurah Adi bertempat di halaman belakang Kantor Bupati Gianyar, demikian siaran pers Diskominfo Gianyar, Kamis.
 
Sekda Wisnu Wijaya mengatakan, penghargaan yang didapat ini tidak lepas dari kerja sama yang baik antara OPD terkait dengan semua kelurahan/desa (perbekel) di bawah komando Bupati Gianyar.

"Di bawah kepemimpinan Bupati Gianyar, Made Mahayastra selalu ditekankan bahwa pengelolaan keuangan khususnya dana desa harus dikelola dengan transparan, akuntabel, efisien dan tepat waktu, sehingga Januari 2022 dana desa sudah ditransfer ke rekening desa masing masing, dengan demikian pemerintah desa dengan cepat dapat memanfaatkan dana desa tersebut sesuai rencana," jelas Sekda Wisnu Wijaya.
Pemkab Gianyar telah menyalurkan Dana Desa 2021 secara tuntas kepada 64 desa yang ada di Gianyar pada Oktober lalu dengan total dana sebesar 65 miliar rupiah.

Kadis PMD Gianyar Dewa Ngakan Ngurah Adi mengatakan kecepatan penyaluran dana desa ke masing-masing desa tergantung pada kecepatan pihak desa dalam melengkapi dokumen pencairan.
 
"Kelurahan dan aparat desa di Kabupaten Gianyar sangat cepat dan sigap dalam penyerapan dana desa sehingga tidak ada kendala, sebab jika tahap I saja mereka tidak bisa merealisasikannya maka dipastikan tahap selanjutnya juga tidak bisa direalisasikan sehingga dana tersebut tidak terserap dan kembali ke kas negara," jelas Ngakan Adi.
 
Sebelumnya Pemkab Gianyar juga meraih penghargaan terkait pengelolaan dana desa, yaitu ranking 2 se-Bali Pengelolaan Dana Desa 2019 dan juara 1 se-Bali Pengelolaan Dana Desa 2020. Pengelolaan dana desa terkait dengan penyaluran dan pemanfaatannya.

Penghargaan Pengelolaan Dana Desa mulai diselenggarakan semenjak tahun 2019, sedangkan Penghargaan Kecepatan Penyaluran Dana Desa baru diselenggarakan tahun ini dan Pemkab Gianyar meraih ranking 2, ranking 1 diraih Kabupaten Badung, dan ranking 3 diraih Kabupaten Tabanan.
 

Pewarta: Adi Lazuardi
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2021