orang punya perbedaan tapi bekerja sama demi kemajuan bersama
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD menyatakan perayaan Natal 2021 menjadi momentum kebersatuan umat.

Mahfud menyampaikan hal itu saat meninjau kesiapan Misa Malam Natal dan Natal 2021 di Katedral, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Jumat.

Baca juga: Katedral fasilitasi umat beribadah Misa Natal 2021 secara daring

Dalam kunjungannya, Mahfud didampingi oleh Komandan Korps Brimob (Dankorbrimob) Polri Irjen Pol Anang Revandoko, Kasdam Jaya Brigjen TNI Bobby Rinal Makmun, Kapolres Jakarta Pusat Kombes Pol Hengki Haryadi, dan Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma.

Kedatangan Mahfud diterima langsung oleh Uskup Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) Kardinal Ignatius Suharyo.

"Hari ini saya ke Katedral karena besok Hari Raya Natal dan secara khusus saya ingin melihat pertama tentang kesiapan apakah ada gangguan atau hambatan untuk pelaksanaan peribadatan. Semuanya sampai saat ini berjalan dengan baik," kata Mahfud.

Mahfud beserta rombongan memasuki aula atau ruang utama Katedral Jakarta, sebelum umat memulai pelaksanaan ibadah tatap muka Misa Malam Natal 2022 yang dimulai pukul 17.30 WIB.

Baca juga: Katedral batasi ibadah Misa Natal 2021 untuk 650 umat

Dalam sambutannya, Mahfud menekankan bahwa Natal menjadi momentum hari raya yang membawa pesan damai.

Ia ingin agar masyarakat dapat menjadikan Natal sebagai momentum kehidupan Indonesia sebagai Negara yang berbangsa dan bersatu dalam keberagaman.

"Bukan hanya toleransi yang hanya ingin kita bangun, tetapi lebih dari itu akseptasi, penerimaan, bukan hanya memaklumi bahwa orang punya perbedaan tapi bekerja sama demi kemajuan bersama," tutur Mahfud.

Sementara itu, Uskup Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) Kardinal Ignatius Suharyo mengatakan bahwa pada tahun ini, pesan Natal yang disampaikan adalah Cinta Kasih Kristus Menggerakkan Persaudaraan.

"Sangat penting menggarisbawahi kata menggerakkan. Harapannya dengan inspirasi Natal muncul bukan hanya pada masa-masa Natal tetapi sepanjang sejarah bangsa kita, gerakan untuk merawat dan membangun persaudaraan," ucap Ignatius.

Baca juga: Moeldoko temui Kardinal Ignatius Suharyo di Katedral Jakarta

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2021