London (ANTARA News) - Kementerian Sosial RI menjalin kerjasama dengan Charity Commission of England and Wales dengan ditandatanganinya "Letter of Intent" dalam rangka bantuan capacity building bagi penguatan pendaftaran dan pelaporan organisasi kesejahteraan sosial di Indonesia.

Penandatanganan dilakukan Dirjen Pemberdayaan Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan Kemensos RI Drs. Rusli Wahid, dan Executive Director, Legal Service Division, Charity Commission of England and Wales, Kenneth Diblle, bertempat di Kantor Charity Commission of England and Wales, London, demikian Sekretaris Pertama Pensosbud KBRI London Novan Ivanhoe Saleh kepada Antara London, Sabtu.

Dikatakannya program bantuan yang direncanakan berjalan selama dua tahun tersebut akan memfokuskan pada pendaftaran dan pelaporan, dengan membangun sistem online yang diaplikasikan ke 33 provinsi di Indonesia, dimana pendaftaran dan pelaporan dilakukan.

Tujuan dari data base online tersebut untuk mempermudah semua pihak terkait dalam proses pendaftaran dan pelaporan. Seluruh organisasi kesejahteraan sosial di Indonesia wajib melakukan pendaftaran dan pelaporan kegiatan dan keuangan sebagaimana tercantum pada UU mengenai organisasi sosial tahun 2009.

Program yang didanai pemerintah Kanada dengan menggunakan tenaga ahli Inggris ini, akan memberikan pelatihan kepada 750 pegawai dinas sosial di provinsi dan kabupaten serta memberikan pelatihan bagi pelatih (training for trainers) yang berasal dari Kementerian Sosial RI.

Sebelum dilaksanakannya penandatanganan, delegasi Kementerian Sosial RI melakukan serangkaian pertemuan intensif dengan pihak Charity Commission, membahas masalah kebijakan dan teknis, serta melakukan peninjauan langsung ke pusat pendaftaran lembaga charity dan kantor cabang Charity Commission serta peninjauan ke kota Liverpool .

Dalam kunjungan kerja ke Inggris Drs. Rusli Wahid, didampingi Direktur Lembaga Pemberdayaan Keluarga dan Sosial Direktorat Jenderal Pemberdayaan Sosial dan Pencegahan Kemiskinan, Menteri Kesejahteraan Sosial Republik Indonesia, Drs. Andi Hanindito, Msi, Kepala Kerjasama Luar Negeri, Biro Perencanaan Sekretariat Jenderal, Departemen Kesejahteraan Sosial Republik Indonesia, Drs. Abas Basuni.

Selain itu Kepala Pusat Legal Drafting, Divisi Hukum Sekretariat Jenderal, Departemen Kesejahteraan Sosial Republik Indonesia, Dian Nur Astuti, SH, MH, dan Kepala Bagian tentang Organisasi Sosial, Sub Direktorat TKSM dan Organisasi Sosial Keluarga dan Lembaga Pemberdayaan Sosial Direktorat Jenderal Pemberdayaan Sosial dan Kemiskinan Pencegahan, Departemen Sosial Republik Indonesia, Wiendyati Muchtar juga mengikuti kunjungan ke Inggris sejak tanggal 23 Mei lalu. (ZG/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011