Personel kami di lapangan terus membantu warga terdampak banjir dan longsor serta memberikan bantuan lainnya berupa minuman dan makanan untuk warga yang saat ini terkena musibah bencana alam
Jayapura (ANTARA) - Personel TNI dari Detasemen Zeni Tempur (Denzipur) 10/KYD membantu pemulihan fasilitas umum terdampak bencana banjir dan longsor di antaranya sekolah dan  Madrasah Tsanawiyah (Mts) Darul Ma'arif Numbay, jalan tembus Pasar Baru dan wilayah Distrik Jayapura Utara di Mandala, Kota Jayapura, Provinsi Papua, Sabtu.

Komandan Denzipur 10/KYD Mayor (Czi) Muhammad Isa Anshory dalam taklimat media yang diterima ANTARA mengatakan personelnya telah berada di lokasi banjir dan longsor untuk bersama-sama dengan elemen masyarakat lainnya membantu warga yang terkena bencana tersebut.

"Yang dilakukan pada siang hari personel Denzipur 10/KYD mengamankan dokumen-dokumen penting milik Mts Darul Ma'arif Numbay dan melaksanakan pembersihan sampah-sampah yang terbawa banjir ke lokasi sekolah dan madrasah," katanya.

Disebutkan bahwa personel Denzipur Jayapura telah melakukan pembersihan ruang-ruang kelas dan halaman sekolah dan MTs yang tertutup dengan lumpur.

Ia menjelaskan seluruh personel Denzipur 10/KYD akan semaksimal mungkin membantu masyarakat korban banjir dan longsor.

"Personel kami di lapangan terus membantu warga terdampak banjir dan longsor. Bahkan, kami akan membantu dengan perlengkapan yang dimiliki serta memberikan bantuan lainnya berupa minuman dan makanan untuk warga yang saat ini terkena musibah bencana alam ," katanya

Untuk mengantisipasi terjadinya bencana susulan, kata dia, jajaran Denzipur telah menyiapkan beberapa alat bantu dalam mendukung proses evakuasi bagi masyarakat.

Hingga Sabtu petang pukul 16.00 WIT sebagian tempat yang dilanda banjir sudah surut dan warga masih membersihkan sisa-sisa lumpur di perumahan, tempat usaha toko/kios, sekolah, rumah ibadah dan fasilitas umum lainnya, demikian Muhammad Isa Anshory.

Baca juga: Wapres minta BNPB segera lakukan penanggulangan korban banjir Jayapura

Baca juga: Prajurit TNI bantu evakuasi korban banjir dan longsor di Jayapura

Baca juga: Prajurit Denzipur 12/OHH bangun perumahan Dinkes Hitadipa Intan Jaya

Baca juga: BMKG paparkan faktor dinamika atmosfer sebabkan banjir di Jayapura

 

Pewarta: Muhsidin
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022