Webometrics merupakan sistem pemeringkatan yang dilakukan berbasis website terhadap Perguruan Tinggi se-dunia
Depok (ANTARA) - Universitas Indonesia (UI) membukukan prestasi sebagai perguruan tinggi teratas di Indonesia ditinjau dari indikator akses publikasi ilmiah, menempati peringkat pertama sebagai Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia menurut Webometrics Ranking of World Universities edisi Januari 2022.

Webometrics juga merilis bahwa UI berada di peringkat ke-9 untuk skala Asia Tenggara dan 728 di dunia. Peringkat UI tersebut naik satu peringkat dari Webometrics Ranking of World Universities edisi Juli 2021, saat itu UI berada di posisi teratas di Indonesia, di peringkat ke-9 untuk Asia Tenggara, dan ke-729 di dunia.

Rektor UI, Ari Kuncoro, dalam keterangannya, Selasa mengatakan bahwa pencapaian tersebut diraih berkat keberhasilan UI memenuhi persyaratan penilaian Webometrics berdasarkan tiga indikator, yaitu visibility atau web contents impact (dengan bobot 50 persen) merupakan jumlah jaringan eksternal (subnets) yang terhubung ke halaman web institusi (dinormalisasi dan kemudian dipilih nilai maksimum).

Selanjutnya transparency atau openness (dengan bobot 10 persen) merupakan jumlah kutipan dari 210 penulis teratas yang bersumber dari Google Scholar Profiles, dan excellence atau scholar (dengan bobot 40 persen) merupakan jumlah artikel publikasi ilmiah diantara 10 persen teratas yang paling banyak dikutip dari 27 disiplin ilmu dengan sumber dari Scimago.
Baca juga: UI raih peringkat pertama Indonesia US News Best Global Universities
Baca juga: UI peringkat pertama di Indonesia versi QS Asia University


Webometrics merupakan sistem pemeringkatan yang dilakukan berbasis website terhadap Perguruan Tinggi se-dunia. Webometrics melakukan penilaian berdasarkan aspek kehadiran dan visibilitas web sebagai indikator kinerja global sebuah universitas.

Indikator-indikator tersebut memperhitungkan komitmen mengajar, hasil penelitian, the perceived international prestige, hubungan dengan komunitas termasuk sektor industri dan ekonomi dari universitas.

Sementara itu Kepala Biro Humas dan Keterbukaan Informasi Publik UI Amelita Lusia berharap kabar baik yang mengawali catatan prestasi UI pada tahun 2022 ini, di mana Webometrics menempatkan UI sebagai peringkat pertama, akan diikuti prestasi lainnya dari lembaga perankingan global. Target UI bukan hanya di level Indonesia, namun ke tingkat Asia Tenggara, bahkan Asia.

Pemeringkatan Webometrics dilakukan oleh Cybermetric Lab yang merupakan kelompok penelitian milik Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC), badan penelitian publik terbesar di Spanyol, terhadap lebih dari 31.000 Institusi Pendidikan Tinggi di dunia.

Sistem pemeringkatan Webometrics bertujuan untuk mempromosikan publikasi Web, mendukung inisiatif Open Access, mendukung akses elektronik untuk publikasi ilmiah, dan materi akademik lainnya. Pengumuman Webometrics Ranking of World Universities dapat diakses pada laman: www.webometrics.info.
Baca juga: UI dinilai unggul pada bidang ilmu klinikal dan kesehatan
Baca juga: UI peringkat teratas di Indonesia versi THE World University rangking 

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2022