Untuk dosis 'booster' bagi lansia dapat dilaksanakan di seluruh kabupaten/kota
Manado (ANTARA) - Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Sulawesi Utara (Sulut) dr Steaven Dandel MPH mengatakan ada 10 kabupaten/kota yang memenuhi syarat Kemenkes untuk melaksanakan vaksinasi penguat bagi warga nonlansia.

"Untuk dosis 'booster' bagi lansia dapat dilaksanakan di seluruh kabupaten/kota," ujar dokter Steaven di Manado, Selasa.

Sepuluh kabupaten/kota yang dapat melaksanakan suntikan dosis penguat bagi nonlansia tersebut yaitu Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Kabupaten Kepulauan Talaud.

Baca juga: TNI AL gelar Serbuan Vaksinasi Maritim pekan pertama 2022

Selanjutnya, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kabupaten Minahasa Utara, Kota Bitung, Kota Manado dan Kota Tomohon.

dokter Steaven menambahkan, dalam rangka memperluas perlindungan terhadap masyarakat dari ancaman COVID-19, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara melaksanakan pemberian vaksinasi pada anak usia 6-11 tahun termasuk mempersiapkan pelaksanaan vaksinasi penguat pada masyarakat umum.

Baca juga: Sulut tetapkan enam daerah sebagai lokasi vaksinasi COVID-19 anak

Saat ini, kata dia, sudah ada 10 kabupaten/kota yang dapat melaksanakan vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun yakni Kota Manado, Kota Bitung, Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa.

Selanjutnya, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dan Kabupaten Kepulauan Talaud.

Baca juga: Vaksinasi COVID-19 di Sulut capai 2.066.078

Pemerintah Provinsi Sulut, sebut dia, mengagendakan vaksinasi penguat kepada masyarakat umum mulai 13 Januari 2022.

"Kelompok penerima vaksin 'booster' ini adalah orang dewasa yang berusia minimal 18 tahun dan telah menerima dosis kedua/lengkap minimal enam bulan sebelumnya," jelasnya.

Baca juga: Lantamal VIII gelar vaksinasi dosis kedua masyarakat maritim di Bitung

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022