penyuntikan vaksin "booster" perdana di Puskesmas Cilandak diikuti sebanyak 36 orang lanjut usia menggunakan vaksin jenis Pfizer
Jakarta (ANTARA) -
Pihak Puskesmas Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan mengingatkan warga setempat mengecek aplikasi PeduliLindungi untuk mengetahui tiket vaksin "booster" atau  penguat dari Kementerian Kesehatan.
 
Kepala Satuan Pelayanan Kesehatan Masyarakat Puskesmas Cilandak Tri Novia Maulani di Jakarta, Rabu, untuk mengikuti vaksinasi tersebut, warga harus mendapatkan tiket vaksin ketiga melalui PeduliLindungi.
 
"Di situ masyarakat bisa lihat apakah tiket vaksin ketiganya sudah muncul atau belum, kalo misal sudah muncul orang tersebut bisa mendapatkan vaksinasi booster di fasilitas kesehatan atau sentra yang melayani vaksinasi booster," kata dia.
 
Karena itu, warga yang belum mendapatkan tiket tersebut tidak akan mendapat layanan vaksin booster dari tenaga kesehatan.
 
Adapun pada penyuntikan vaksin "booster" perdana di Puskesmas Cilandak diikuti sebanyak 36 orang lanjut usia menggunakan vaksin jenis Pfizer disesuaikan dengan dua vaksin yang digunakan sebelumnya.
 
Novia menjelaskan guna menghindari terjadinya kerumunan pasien nantinya Puskesmas Cilandak akan mensyaratkan warga untuk mendaftar melalui aplikasi JAKI.
 
"Kami akan perbaiki penjadwalan, rencana kami akan gunakan aplikasi JAKI, kalo sekarang kan pendaftarannya manual. Nanti aplikasi Jaki sampai cakupan vaksinasi booster-nya sudah mencapai target pemerintah," ujar dia.
 
Dia mengimbau masyarakat yang memang ingin mendapatkan vaksinasi penguat dari program pemerintah untuk memastikan bahwa sudah mempunyai tiket ketiga dan kondisi tubuh dalam keadaan sehat
 
"Datang sesuai jam yang disarankan oleh petugas kesehatan, tepat waktu dan membawa alat tulis pribadi agar tidak meminjam dengan orang lain," kata dia.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Jakarta Selatan memfokuskan pelaksanaan vaksinasi dosis ketiga (booster) untuk warga setempat di sepuluh Puskesmas kecamatan.
 
Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan M Helmi saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu memastikan 10 kecamatan di wilayahnya menggelar vaksin 'booster' mulai Rabu ini.
 
"Puskesmas kecamatan dan RSUD. Untuk vaksinasi 'booster' di Jakarta Selatan sudah dimulai. Untuk sementara ini di Puskesmas setiap kecamatan," ujar Helmi.
Baca juga: Vaksinasi "booster" bagi usia 18 tahun ke atas di DKI capai 8 juta
Baca juga: Jaksel fokuskan sentra vaksin "booster" di Puskesmas kecamatan
Baca juga: Jakbar sediakan 40.000 dosis vaksin booster untuk warga Kembangan

Pewarta: Sihol Mulatua Hasugian
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022