Teknologi masuk ke ruang kelas dan diperkaya dengan pembelajaran daring
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) memberikan penghargaan pada sejumlah mitra, perguruan tinggi dan juga jurnalis pada ajang Anugerah Diktiristek 2021.

"Selama satu tahun terakhir, luar biasa sekali transformasi yang kita lakukan. Dalam dua tahun pandemi, terjadi transformasi yang dahsyat sekali pada bidang teknologi," ujar Plt Dirjen Diktiristek Kemendikbudristek, Prof Nizam, pada ajang pemberian penghargaan di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Kemendikbudristek lepas ekspor perdana produk mahasiswa

Dia menambahkan perguruan tinggi melakukan transformasi pada proses pembelajaran dan itu tidak terbayangkan sebelumnya. Selama ini sulit sekali mendorong perguruan tinggi menerapkan teknologi, namun pandemi mempercepat terjadinya transformasi.

"Teknologi masuk ke ruang kelas dan diperkaya dengan pembelajaran daring," tambah dia.

Anugerah Diktiristek 2021 tersebut terdiri dari empat kategori yakni Anugerah Kampus Merdeka, Anugerah Kerjasama, Anugerah Humas Dikti, dan Anugerah Jurnalis Dikti.

Baca juga: Kemendikbudristek dorong kerja sama kampus vokasi-industri lebih intim

Sejumlah penghargaan diberikan pada sejumlah media diantaranya kategori jurnalis daring terbaik diraih oleh Neneng Zubaedah dari Sindonews.com, Ilham Pratama Putra dari Medcom, dan kemudian Indriani dari LKBN Antara sebagai jurnalis media daring terbaik ketiga.

Sementara di kategori jurnalis media cetak terbaik, yakni Ayu dari Jawa Pos, Ester Lince Napitupulu dari Kompas dan Muhammad Ashari dari Pikiran Rakyat.

Untuk kategori jurnalis cetak dan online terbaik ini dinilai berdasarkan kuantitas dan kualitas yang ditulis jurnalis selama 2021.

Baca juga: Dirjen: Pemikiran Soedjatmoko soal pembangunan dinilai masih relevan

Selain itu juga diberikan anugerah untuk kategori penulis liputan berita terbaik. Diantaranya Mediana dari Kompas, Syarif Oebaidillah dari Media Indonesia dan Dian Ihsan dari Kompas.com.

Selanjutnya kategori jurnalis terfavorit diantaranya Rini Suryati dari Kedaulatan Rakyat, Suranto dari Infopublik dan Dian Warastuti dari Waspada.

Selain itu juga diberikan anugerah media terbaik diantaranya Berita Satu TV (media elektronik), Detik.com (media daring), Kompas (media cetak). Tiga media itu dinilai telah mendukung program Ditjen Diktiristek dengan kontribusi dalam pemberitaan.

Pewarta: Indriani
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2022