Dengan adanya komunitas sukarelawan kesehatan The Plegia dan Brayan Ngamal, masyarakat di wilayah terpencil Kabupaten Banjarnegara dapat memperoleh informasi maupun pelayanan kesehatan yang memadai.
Purwokerto, Jateng (ANTARA) - Tim peneliti asal Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, mengikuti ajang Urban Partnership Melting Pot 2022 yang diselenggarakan Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) Jakarta berkolaborasi dengan Humboldt Kolleg, Jerman, pada 17-22 Januari 2022.

Dalam keterangan di Banjarnegara, Selasa, salah seorang anggota tim peneliti, drg Amalia Rahmaniar Indrati mengatakan kegiatan penelitian tersebut juga melibatkan Direktur Rumah Sakit Islam (RSI) Banjarnegara dr Agus Ujianto SpB dan dosen Politeknik Banjarnegara Dr Tuswadi.

"Kami bertiga melakukan penelitian terhadap komunitas kesehatan dan sosial Brayan Ngamal serta The Plegia di Banjarnegara saat pandemi COVID-19," kata dokter gigi yang bekerja di RSI Banjarnegara itu.

Menurut dia, penelitian yang dilakukan di antaranya mengenai cara partisipasi sukarelawan kesehatan, yang salah satunya yang dikelola oleh RSI Banjanegara.

Ia mengatakan dengan adanya komunitas sukarelawan kesehatan The Plegia dan Brayan Ngamal, masyarakat di wilayah terpencil Kabupaten Banjarnegara dapat memperoleh informasi maupun pelayanan kesehatan yang memadai.

Dalam hal ini, kata dia, The Plegia bergerak sebagai sukarelawan yang fokus pada pasien lumpuh, sedangkan Brayan Ngamal bergerak di bidang sosial kemasyarakatan dan kesehatan.

"Dua komunitas sukarelawan kesehatan tersebut memiliki visi dan misi untuk mendekatkan pelayanan kesehatan pada masyarakat di daerah terpencil yang sulit terjangkau," katanya menegaskan.

Lebih lanjut, ia mengatakan masyarakat di wilayah terpencil Banjarnegara merasa terbantu oleh dua komunitas tersebut, sehingga mereka tidak kebingungan untuk mencari pelayanan kesehatan terpercaya.

Bahkan, kata Amalia Rahmaniar Indrati, masyarakat pun dapat berobat ke RSI Banjarnegara berkat bantuan Brayan Ngamal dan The Plegia.

Program Urban Partnership Melting Pot yang terselenggara atas kerja sama UPJ Jakarta dan Humboldt Kolleg Jerman ditujukan untuk memperkuat jaringan kerja sama profesional di tingkat regional antaralumni (Humboldtians), sekaligus memperkenalkan serta meningkatkan minat dan semangat peneliti muda terhadap program Yayasan Alexander von Humboldt Foundation (AvH).

Yayasan tersebut mengedepankan visi kolaborasi antarnegara dengan Jerman sebagai lokasi penelitian. Kegiatan Humboldt Kolleg diprakarsai oleh para alumni (Humboldtians) atau asosiasinya dan didukung secara finansial oleh AvH.

Humboldt Kolleg telah diadakan di berbagai negara di luar Jerman seperti Amerika Serikat, Prancis, Italia, Polandia, Nigeria, Kenya, Afrika Selatan, dan sebagainya, sedangkan pesertanya adalah alumni program AvH dan peneliti muda yang telah memberikan kontribusi nyata bagi perkembangan ilmu pengetahuan. 

Baca juga: RSI Banjarnegara kampanyekan rumah sakit tanpa dinding di NTT

Baca juga: Praktisi: Orang tua wajib beri informasi tentang Omicron kepada anak

Baca juga: RSI Banjarnegara Jateng gelar pemeriksaan kesehatan gratis di Kalsel

Baca juga: Dokter: Aborsi ilegal bisa akibatkan pembusukan di dalam tubuh

 

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022