Jakarta (ANTARA) - Kampus terpadu Upaya Indonesia Damai (UID) Bali Campus menggandeng Massachusetts Institute of Technology (MIT) Sloan School of Management dan Tsinghua University Southeast Asia Center dalam kerja sama pendidikan, penelitian dan pengembangan pendidikan tinggi.

“Kampus ini akan menjadi wadah berbagai kegiatan untuk memfasilitasi lahirnya inovasi dan pengembangan sumber daya manusia, sehingga dapat membantu akselerasi pencapaian tujuan-tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals-SDGs) di tingkat nasional, regional dan global,” ujar Ketua Yayasan UID, Dr Suyoto dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa.

Baca juga: UID Forum-Microsoft kembangkan pusat inovasi di Bali

UID Bali Campus akan meneruskan dan mengembangkan kerja sama pendidikan yang telah berjalan dengan MIT Sloan School of Management, yakni program pendidikan eksekutif IDEAS Asia Pacific.

UID Bali Campus juga melanjutkan kerja sama dengan Tsinghua University Southeast Asia Center. Sebelumnya, kerja sama itu berhasil menyelenggarakan pendidikan profesional, Happy Digital X: System, Product and Service, angkatan pertama dan berbagai kegiatan lainnya.

“Kampus ini diharapkan dapat menjadi pusat inovasi dan pengembangan SDM yang menciptakan komunitas kreatif dan menghasilkan kekayaan intelektual berkualitas,” imbuh dia.

Kampus yang terletak di Bali tersebut akan diresmikan pada akhir 2022 bertepatan dengan penyelenggaraan konferensi G-20 di Bali. Pembangunan UID Bali Campus itu, sambung dia, merupakan upaya untuk menghadirkan masa depan bersama yang lebih baik dan berkelanjutan.

Baca juga: Menko PMK Puan Maharani resmikan kampus baru AIS di Bali

Baca juga: Mahasiswa ITB STIKOM Bali lolos program PMM Kemendikbud Ristek


Bali dipilih sebagai lokasi kampus karena semangat untuk ikut menjaga keindahan alam, keluhuran budaya, dan praktik nyata Tri Hita Karana yang hidup di Pulau Dewata itu.

Suyoto mengatakan kampus yang akan berdampingan dengan TechPark yang terdiri atas bangunan-bangunan yang melambangkan nilai-nilai kearifan lokal Bali Tri Hita Karana yang menjunjung tinggi keselarasan hubungan manusia dengan manusia, dengan Sang Pencipta dan alam lingkungan, dan diharapkan menjadi purwarupa global pembangunan berkelanjutan.

Pewarta: Indriani
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022