Pangkalpinang (ANTARA) - Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan enam dari tujuh kabupaten/kota di provinsi itu nihil penambahan kasus COVID-19, karena kesadaran masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan yang semakin baik.

"Hari ini hanya ada satu penambahan kasus COVID-19 di Bangka Selatan," kata Sekretaris Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Babel Mikron Antariksa di Pangkalpinang, Rabu.

Baca juga: Satgas: 76.525 anak di Babel sudah divaksinasi COVID-19

Ia menjelaskan berdasarkan data terbaru, kasus COVID-19 harian bertambah satu orang di Kabupaten Bangka Selatan, sementara Bangka, Bangka Tengah, Bangka Barat, Belitung, Belitung Timur, dan Kota Pangkalpinang tidak ada penambahan orang terpapar virus corona ini.

"Dengan adanya penambahan satu kasus ini, orang positif COVID-19 yang masih menjalani isolasi menjadi 11 pasien tersebar di Bangka Barat 4, Bangka Tengah 4, Bangka Selatan dan Belitung Timur masing-masing satu orang pasien," ujarnya.

Ia mengatakan demikian juga pasien sembuh dari COVID-19 juga bertambah satu di Bangka Tengah, sehingga kumulatif orang sembuh dari virus corona ini menjadi 50.912 jiwa.

"Alhamdulillah, Januari tahun ini tidak ada kasus kematian akibat COVID-19 ini," katanya.

Baca juga: Pemkab Bangka Tengah gelar vaksinasi anak secara serentak

Baca juga: Satgas: Enam kabupaten/kota di Babel nihil COVID-19


Menurut dia, penurunan kasus COVID-19 yang signifikan ini tidak terlepas dari kerja keras seluruh aparatur pemerintahan daerah, TNI, Polri dan masyarakat untuk menerapkan prokes, kebijakan pemerintah dalam mencegah dan memutus mata rantai penularan serta penyebaran virus corona ini.

"Hingga saat ini, kita tetap memperketat lalu lintas orang di pelabuhan dan bandara, mengingat penularan dan penyebaran virus COVID-19 varian Omicron yang meningkat di pulau jawa," katanya.

Pewarta: Aprionis
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022