Saya percaya bahwa biografi Professor Zwierzycki menjadi satu alasan untuk peningkatan kerja sama universitas dan politeknik Polandia dengan Institut Teknologi Bandung di mana Prof. Zwierzycki dulu pernah mengajar
Jakarta (ANTARA) - Prof Józef Zwierzycki, geolog yang berkarya di Nusantara dalam dekade pertama abad 20, merupakan sosok yang dapat menginspirasi dan memotivasi anak muda untuk bekerja lebih giat dalam pendidikan mereka, ujar Duta Besar Polandia untuk Indonesia Beata Stoczynska.

“Biografi Professor Zwierzycki membuktikan bagaimana pentingnya keingintahuan, keterbukaan dan juga keberanian. Cerita Professor Zwierzycki dapat juga dipandang bagaimana kekuatan kebijaksanaan, ilmu pengetahuan, dan kepercayaan serta patriotisme. Dewasa ini, nilai-nilai tersebut sangatlah penting. Saya dengan bangga mempersembahkan kisah hidup beliau kepada masyarakat Indonesia,” ujar Duta Besar Stoczynska dalam peluncuran buku komik “Józef Zwierzcyki. Ahli Geologi Kepulauan Indonesia dan Negeri Polandia.” di Jakarta, Rabu.

Dubes Stoczynska menekankan pentingnya sejarah bagi masyarakat Polandia dan Indonesia.

Baca juga: Polandia puji keberhasilan Indonesia turunkan kasus COVID-19

“Saya sangat menyadari bagaimana pentingnya sejarah bagi masyarakat Polandia dan Indonesia,” ujar dia.

Selama empat tahun menjadi Duta Besar Polandia di Indonesia, ia melihat beberapa kesamaan antara semangat, dinamika, dan kemandirian dari masyarakat Polandia dan Indonesia.

“Saya sangat percaya bahwa para generasi muda kita membutuhkan inspirasi dan motiviasi, sebagaimana yang dibutuhkan oleh para generasi sebelumnya,” ujar Dubes Stoczynska.

“Tahun 2021 merupakan perayaan 60 Tahun wafatnya Profesor Józef Zwierzycki. Namun demikian, biografi Professor Zwierzycki masih belum banyak dikenal di Indonesia,” ujar dia.

Baca juga: Polandia ingin berkontribusi dalam keketuaan G20 Indonesia

Maka dari itu, Kedutaan Besar Republik Polandia di Jakarta memutuskan untuk menerbitkan sebuah buku komik dalam Bahasa Indonesia yang menceritakan kisah hidup yang luar biasa seorang ilmuwan, dengan judul „Józef Zwierzcyki. Ahli Geologi Kepulauan Indonesia dan Negeri Polandia.”

Prof. Zwierzycki berkontribusi dalam membuat peta geologi pertama Kepulauan Indonesia dan secara signifikan pula membantu penemuan sumber daya alam penting seperti, minyak, gas dan deposit tambang lainnya.

Lebih lanjut, beliau juga mengajar calon geolog Indonesia yang menimba ilmu di Institut Teknologi Bandung.

“Saya percaya bahwa biografi Professor Zwierzycki menjadi satu alasan untuk peningkatan kerja sama universitas dan politeknik Polandia dengan Institut Teknologi Bandung di mana Prof. Zwierzycki dulu pernah mengajar,” ujar Dubes Stoczynska.

Baca juga: Kedubes: Mahasiswa Indonesia di Polandia bertambah pesat

 

Pewarta: Azis Kurmala
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2022