Pemahaman akan nilai-nilai pribadi yang selaras dengan nilai perusahaan akan mendukung keberlangsungan perusahaan
Jakarta (ANTARA) - Universitas Pelita Harapan (UPH) mengukuhkan Prof Dr Sabrina Oktaria Sihombing SE MBus sebagai Guru Besar Ilmu Manajemen berdasarkan Surat Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) tertanggal 1 Oktober 2021.

Pada pengukuhan yang diselenggarakan di Tangerang, Banten, Rabu, Sabrina menyampaikan orasi ilmiahnya berjudul Peran Penting Nilai dalam Manajemen Berkelanjutan.

“Manajemen berkaitan dengan orang-orang yang melakukan aktivitas tertentu untuk mencapai tujuan perusahaan. Dengan demikian, dalam manajemen perlu pemahaman yang baik akan faktor-faktor eksternal dan internal yang dapat memengaruhi perilaku individual,” ujar Sabrian.

Baca juga: UPH kukuhkan Guru Besar Ilmu Bedah Saraf

Salah satu faktor internal utama yang dipercaya sebagai fondasi dalam memengaruhi perilaku seseorang adalah nilai-nilai pribadi. Nilai-nilai pribadi kemudian terbentuk yang merepresentasikan keyakinan, prinsip, serta kualitas dari orang tersebut. Nilai-nilai pribadi yang kemudian akan memengaruhi pemikiran, perasaan dan tindakan orang tersebut.

Dalam manajemen keberlanjutan, nilai-nilai pribadi juga memengaruhi nilai-nilai kerja. Nilai kerja adalah apa yang dianggap seseorang sebagai sesuatu yang penting dan relevan saat bekerja.

Baca juga: Pengamat: Perlu sinergi antara Ubhara-Polri bentuk Fakultas Kedokteran

Nilai-nilai kerja akan memengaruhi komitmen, kinerja, loyalitas, dan lainnya yang berkaitan dengan pekerjaan. Pemahaman akan nilai-nilai kerja karyawan merupakan hal yang perlu diperhatikan dalam memotivasi mereka untuk berkomitmen dan produktif dalam pekerjaannya.

Menurutnya, pemahaman akan nilai-nilai pribadi dan nilai kerja yang selaras dengan nilai perusahaan akan mendukung keberlangsungan perusahaan tersebut.

“Pemahaman akan nilai-nilai pribadi yang selaras dengan nilai perusahaan akan mendukung keberlangsungan perusahaan tersebut," katanya.

Baca juga: Kemenko Perekonomian gandeng UI dan UPH siapkan Presidensi G20 RI

Menurut dia, ​​​​​​penerapan manajemen yang berkelanjutan dan bertanggung jawab dalam bisnis, pemerintahan, dan masyarakat, membutuhkan orang-orang yang dapat memikul tanggung jawab untuk proses keberlanjutan tersebut.

"Penelitian dan literatur telah menunjukkan bahwa karakteristik individu, yaitu nilai-nilai pribadi, merupakan elemen kunci dalam penerapan tersebut,” terang dia.

Sabrina berharap penelitian itu dapat memberikan suatu pandangan baru tentang pentingnya memahami nilai-nilai pribadi seseorang untuk mendukung keberlangsungan perusahaan. 

Baca juga: UPH Tangerang kukuhkan Prof Wiryanto jadi guru besar teknik sipil

Pewarta: Indriani
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022