jumlah pekerja pada PLTU I Panaf Timor yang terkonfirmasi positif COVID-19 bertambah lagi 27 orang
Kupang (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur menyebutkan pekerja proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) I Panaf Timor yang terpapar COVID-19 bertambah 27 orang dari sebelumnya 45 orang sehingga total menjadi 72 orang.

"Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan bahwa jumlah pekerja pada PLTU I Panaf Timor yang terkonfirmasi positif COVID-19 bertambah lagi 27 orang, Hal itu sesuai hasil tes usap pasien bersangkutan," kata Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Kupang, Martha Para Ede ketika dihubungi di Kupang, Selasa malam.

Ia mengatakan 72 pasien COVID-19 dari klaster PLTU I Panaf Timor semuanya melakukan karantina terpusat di tempat yang disiapkan Pemerintah Kabupaten Kupang dan fasilitas TNI-AL yang berada tidak jauh dari Desa Bolok, Kecamatan Kupang Barat.

Baca juga: 45 pekerja PLTU Timor positif COVID-19 isolasi terpusat di Kupang

Menurut dia, dari 72 pekerja yang terpapar virus corana terdapat 27 orang pekerja yang sudah menjalani karantina selama tujuh hari.

Sementara 31 pasien lainnya sudah sembilan hari dan pasien pertama yang terpapar virus Corona telah 11 hari melakukan isolasi terpusat.

Dia mengatakan dengan adanya kasus COVID-19 dari klaster PLTU I Panaf Timor sehingga jumlah kasus terkonfirmasi positif di Kecamatan Kupang Barat meningkat tajam hingga mencapai 192 kasus positif COVID-19.

Baca juga: PLTU Timor I Panaf Timor di NTT ditutup terkait COVID-19

Ia mengatakan terdapat 114 pasien COVID-19 yang dinyatakan sembuh dari infeksi virus corona dan enam lainnya meninggal dunia.

"Saat ini yang masih dalam perawatan medis 72 orang dari satu klaster yang sama yakni pekerja pada PLTU I Panaf Timor," tegasnya.

Dia mengatakan Pemerintah Kabupaten Kupang belum bisa memastikan apakah peningkatan kasus COVID-19 di PLTU I Panaf Timor berasal dari virus varian Omicron atau bukan.

"Kami belum bisa pastikan karena harus melalui pemeriksaan yang lebih mendalam," tegasnya.

Baca juga: 32 orang pekerja di PLTU Timor I Panaf NTT terpapar COVID-19

Martha Para Ede mengatakan hingga saat ini pasien COVID-19 di Kabupaten Kupang yang masih dalam perawatan medis mencapai 73 orang dan satu di antaranya merupakan pasien COVID-19 berasal dari Kecamatan Kupang Tengah.

"Satu orang pasien COVID-19 dari Kecamatan Kupang Tengah ini juga masih menjalani isolasi mandiri di rumah," kata Marta Para Ede.

​​​​​Proyek pembangunan PLTU Timor I berlokasi di Dusun Panaf Desa Lifuleo Kecamatan Kupang Barat Kabupaten Kupang, NTT.

Baca juga: Dinkes: Pasien COVID-19 di Kota Kupang bertambah tiga orang

 

Pewarta: Benediktus Sridin Sulu Jahang
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022