Jakarta (ANTARA News) - Mungkin tak pernah terbayangkan pada masa lalu, bahwa organisasi pengelola zakat (OPZ) pada akhirnya akan menjadi pemain kelas dunia.

OPZ yang umumnya dirintis dengan kesederhanaan dan tanpa tahu hendak ke mana dilabuhkan tujuan, akhirnya kini bermunculan sebagai entitas yang patut diperhitungkan.

Melewati kiprahnya secara perlahan di tingkat lokal, memainkan peran dalam kancah nasional, dan akhirnya sampai pada partisipasi di tingkat internasional.

Berbagai upaya dilakukan dalam pengembangan OPZ, dari mulai penyaluran bantuan karitatif, penyediaan dan pengelolaan sarana/prasarana sosial umum, sampai kepada advokasi kebijakan untuk memihak rakyat miskin.

Dari mulai model ketok pintu dan pengiriman surat ajakan berdonasi, melakukan kampanye massal secara langsung, sampai penggunaan media elektronik, sms donasi dan pelayanan transaksi internet banking untuk kemudahan berderma.

Dari mulai pencatatan keuangan sederhana, perbaikan kesejahteraan personel pengelola, audit dan pertanggungjawaban operasional, sampai kepada penerapan manajemen berkualitas.

Kiprah OPZ kini telah memasuki babak baru untuk menjadi World Class Organization (WCO). Ini adalah sebuah tahapan organisasi untuk menjadi organisasi kelas dunia. WCO adalah peringkat organisasi yang diakui telah mencapai standar global.

Berbagai pemenuhan persyaratan level internasional telah dipenuhi oleh WCO. Sebuah WCO adalah insitusi yang mampu disejajarkan dengan berbagai organisasi tingkat internasional dari berbagai kawasan dunia lainnya.

Beberapa unsur yang harus dipenuhi oleh WCO adalah memiliki kiprah kegiatan di peringkat internasional, memiliki perwakilan atau afiliasi di beberapa negara, memiliki pemenuhan standar (sertifikasi) manajemen sebagai organisasi kelas dunia, memiliki kompetensi personel pengelola berkelas dunia dan memiliki tatakelola organisasi (Good Organization Governance/GOG) bermutu yang dikenal di dunia.

WCO dituntut untuk senantiasa melahirkan karya brilian dan visioner dalam rangka mengarsiteki perubahan peradaban manusia. WCO juga diharapkan mampu mengambil langkah kreatif dan penuh terobosan untuk membangunkan kesadaran umat manusia. Pun WCO dinantikan dapat melahirkan kontribusi strategis yang berdampak luas dalam jalinan manusia antarbangsa.

Pada akhirnya kesempurnaan sebagai WCO juga sangat ditentukan oleh sejauh mana keterpanggilan organisasi atas penderitaan masyarakat, kesantunan dalam melayani orang kecil, pengorbanan organisasi dalam membantu dan membela orang-orang tertindas, serta senantiasa rendah hati dalam bingkai interaksi dengan multi pemangku kepentingan.

Jika semua OPZ terus berbenah diri dan memperkuat kapasitas organisasinya, maka terwujunya OPZ berkelas dunia adalah keniscayaan yang akan terjadi. Bukan hanya perusahaan bisnis yang bisa menjadi WCO, tetapi juga OPZ. Selamat Datang Organisasi Zakat Kelas Dunia!

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011