Jakarta (ANTARA News) - Kapal Balibo milik TNI AL berhasil mengevakuasi awak Kapal Motor (KM) Mujur I yang kandas di perairan Batu Payung, Pulau Babi, Maumere, Nusa Tenggara Timur, baru-baru ini.

Kepala Dinas Penerangan AL (Kadispenal) Laksamana Pertama TNI Iskandar Sitompul di Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa mengatakan, KM Mujur I kandas karena kemudinya patah sehingga kapal tidak bisa dikendalikan oleh nahkodanya.

Sembilan anak buah kapal yang terdiri dari lima orang berkewarganegaraan Myanmar dan empat orang warga negara Indonesia berhasil dievakuasi dengan selamat ke Maumere menggunakan Kapal Balibo yang dioperasikan oleh Pangkalan Angkatan Laut Maumere.
 
Musibah tersebut telah dikoordinasikan dengan Syahbandar Maumere dan Syahbandar Pemana serta Bea Cukai setempat dan seluruh awak KM Mujur I telah diserahkan kepada instansi terkait untuk pemeriksaan lebih lanjut.
          
Kadispenal juga menambahkan bahwa selama kurang lebih satu bulan terakhir, setidaknya telah terjadi 13 kali kecelakaan kapal laut, 12 diantaranya tenggelam.

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009