Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua DPR RI Priyo Budi Santoso mengatakan, Ketua DPR RI Marzuki Alie tak bermaksud melindungi pimpinan Badan Anggaran (Banggar) DPR RI terkait permintaannya agar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menunda pemanggilan pimpinan Banggar hingga bulan November 2011.

"Beliau (Marzuki Alie) tidak bermaksud ke sana. Maksudnya Pak Marzuki baik," kata Priyo di Gedung DPR RI.

Priyo juga meminta kalangan lembaga swadaya masyarakat (LSM) tidak mempolemikan komentar Marzuki tersebut. Menurut dia,  saran yang disampaikan oleh Marzuki sebenarnya baik, bahwa penundaan pemeriksaan hingga awal November semata demi menyelesaikan pembahasan Rancangan Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara 2012.

"Saran itu baik tapi bisa disalahtafsirkan," kata Priyo.

Priyo pun mengaku setuju agar KPK memeriksa pimpinan Banggar satu-per-satu. Tidak sekaligus. Kecuali darurat. Tujuannya agar pembahasan RAPBN 2012 tetap ada yang memimpin.

"Tapi silahkan KPK yang berwenang menerima atau tidak," tandasnya.

Sebelumnya Ketua DPR RI Marzuki Alie meminta KPK untuk menunda memeriksa pimpinan Banggar DPR RI secara bersamaan karena saat ini tinggal 28 hari lagi untuk membahas RAPBN 2012. Marzuki juga tidak mempermasalahkan kalau KPK memeriksa satu-persatu pimpinan Banggar.

Namun apa yang disampaikan oleh Marzuki ditanggapi lain oleh sejumlah LSM seperti PUKAT dan ICW. Kedua lembaga itu menuding Marzuki melindungi pimpinan Banggar. (zul)

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011