Bogor (ANTARA News) - Institut Pertanian Bogor menjalin kerja sama terkait beasiswa program gelar ganda (double degree) dengan Universitas Aix Marscille, Prancis, baik untuk tingkat master maupun untuk doktor.

Kepala Humas IPB Ir Henny Windarti di Bogor, menjelaskan bahwa naskah kerja sama itu ditandatangani oleh Rektor IPB Prof Herry Suhardiyanto dengan perwakilan dengan pihak Universitas Aix Marscille.

Pada acara di Kampus Darmaga yang berlangsung pekan lalu itu, pihak mitra dari Prancis juga memberikan paparan mengenai Universitas Aix Marscille.

Dalam paparan itu, perwakilan Universitas Aix Marscille menyampaikan bahwa cukup banyak disiplin ilmu yang bisa dipelajari di perguruan tinggi itu.

Ia menjelaskan bahwa disiplin itu itu, mulai dari ekonomi, lingkungan sampai dengan kimia.

Selain itu, pihak Universitas Aix Marscille juga mempromosikan bahwa bahwa lokasi perguruan tinggi itu memiliki pemandangan yang indah dan sangat dikagumi oleh wisatawan mancanegara.

Sementara itu, guru besar IPB Prof Cecep Kusmana, yang juga staf pengajar Fakultas Kehutanan IPB dan turut hadir dalam MoU tersebut mengatakan bahwa dengan adanya kerja sama itu akan memberikan nilai tambah bagi IPB.

"Dengan beasiswa `double degree` ini merupakan kesempatan bagi mahasiswa IPB untuk menuntut ilmu di Universitas Aix Marscille, Prancis," katanya.

Selain itu, menurut dia, beasiswa tersebut akan dibuka tahun 2011 ini untuk lima orang peserta dari IPB.

Melalui kerja sama program ini, kata dia, untuk "double degree" program master, mahasiswa yang bersangkutan harus menempuh kuliah setahun di Universitas Aix Marscille, dan satu tahun di IPB.

(ANT-053/Y008)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011