... ketika di sekitar tempat tinggalnya terdapat kontainer diharapkan tidak melakukan protes demi keindahan Kota Pontainak yang bersih dari sampah...
Pontianak (ANTARA News) - Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Pontianak akan mengganti bak sampah terbuka dengan kontainer sebagai tempat pembuangan sampah sementara pada 2012.

"Kami akan menyediakan sebanyak 23 kontainer yang diperuntukkan sebagai tempat pembuangan sampah sementara pada 2012," kata Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Pontianak, Utin Sri Lena Candramidi, di Pontianak, Minggu.

Utin mengatakan, dengan penggantian tersebut otomatis bak sampah terbuka yang selama ini digunakan akan dihancurkan.

"Tahun ini saja beberapa TPS (tempat pembuangan sampah) berupa bak sampah terbuka sudah mulai dihancurkan kemudian diganti dengan TPS berupa kontainer," jelas Utin.

Dengan penggantian tersebut pihaknya berharap masyarakat untuk mendukung keberadaan 23 kontainer yang dialokasikan sebagai TPS pada 2012.

"Sehingga ketika di sekitar tempat tinggalnya terdapat kontainer diharapkan tidak melakukan protes demi keindahan Kota Pontainak yang bersih dari sampah," kata Utin.

Ia menambahkan, pihaknya sejak dahulu menginginkan TPS berupa kontainer supaya meminimalisir bau sampah yang menyengat di sekitar TPS.

Sebelumnya, DKP Pontianak sudah meniadakan tiga kontainer di jalan HOS Cokroaminoto. Masyarakat di jalan tersebut dan sekitarnya membuang sampah di bak penampungan yang berada di Pasar Mawar Pontianak.

"Trans depo Pasar Mawar memang telah kami siapkan. Masyarakat sepanjang Merdeka Timur dapat memanfaatkannya," jelas Utin.

Peniadaan kontainer di Merdeka Timur, jelas Utin, sudah melalui kajian. Tidak sembarangan meniadakan tempat sampah di suatu kawasan. Pihaknya menilai, Merdeka Timur sudah tidak layak lagi ada tempat pembuangan sampah.

"Sudah tidak layak lagi disimpan kontainer sampah di situ. Pasar Mawar pun tidak jauh, jadi bukan masalah jika kontainer ditiadakan," katanya.

Tidak ada kontainer atau tempat sampah di Jalan Merdeka Timur bukan berarti masyarakat dapat membuat TPS liar. Utin sangat melarangnya, karena tujuan ditiadakan kontainer untuk keindahan kawasan tersebut.
(ANT-089)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011